EVALUASI KAPASITAS TIANG PANCANG PADA PILAR JEMBATAN YANG MENGALAMI PERGESERAN PADA UJUNG ATAS TIANG

4117110002, Ananda Sabiila Rosyada (2021) EVALUASI KAPASITAS TIANG PANCANG PADA PILAR JEMBATAN YANG MENGALAMI PERGESERAN PADA UJUNG ATAS TIANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (935kB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi)
BAB II-V Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (615kB)

Abstrak

Dalam pelaksanaan pembangunan Jembatan Utama Kali Bekasi pada proyek Jalan Tol Cibitung – Cilincing seksi 2 mengalami perubahan bentuk struktur berupa terjadinya kemiringan pada tiang pancang yang tidak sesuai Detail Engineering Design pada salah satu pilar yaitu pilar P2 sebesar 3°. Sehingga dengan adanya perubahan bentuk struktur tersebut dibutuhkan evaluasi terhadap kapasitas tiang P2 serta harus diperhatikan pengaruh terhadap struktur lainnya. Evaluasi dilakukan dengan cara pengecekan terhadap kapasitas dimensi, kapasitas tulangan, kapasitas daya dukung pondasi, serta lendutan pada struktur atas P1-P2 dengan menggunakan bantuan software dalam menganalisis. Hasil penelitian menunjukan kapasitas tiang pancang pada P2 JU Kali Bekasi tidak memadai, ditandai dengan kurangnya tulangan pada tiang pancang sebanyak 6-D10,7 mm dan kolom P2 sebanyak 9-D10,7 mm. Akibat dari kapasitas tiang pancang yang tidak memadai, menyebabkan koneksi P1-P2 kekurangan tulangan arah memanjang (top), adapun tulangan yang terpasang di lapangan adalah D32-250 namun yang dibutuhkan yaitu D32-160. Maka dari itu diperlukan perkuatan dengan tujuan untuk membuat struktur P1-P2 lebih kaku yaitu dengan cara membuat bracing beton dengan panjang 18,78 meter, lebar 33,92 meter dan tebal 0,8 meter dengan kebutuhan tulangan memanjang D32-250 dan kebutuhan tulangan melintang D32-250. Setelah dilakukan perkuatan, kebutuhan luas tulangan perlu untuk kolom P2, tiang pancang P2, dan koneksi P1-P2 semuanya terpenuhi dengan yang sudah terpasang di lapangan, sehingga dapat dikatakan bahwa struktur P1-P2 kuat menahan beban.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Ananda Sabiila Rosyada
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:18
Last Modified: 03 Sep 2021 07:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item
View Item