RANCANG BANGUN TRANSMISI DAYA LISTRIK DENGAN METODE INDUKSI ELEKTROMAGNETIK

1902421014, Hendry Dharmawan (2023) RANCANG BANGUN TRANSMISI DAYA LISTRIK DENGAN METODE INDUKSI ELEKTROMAGNETIK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Judul, BAB I, BAB 5 & Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ISI BAB II - BAB IV] Text (ISI BAB II - BAB IV)
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Journal_PNJ_Hendry Dharmawan_1902421014.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (280kB)

Abstrak

Transmisi daya listrik dengan metode induksi elektromagnetik merupakan inovasi yang sudah lebih dari satu abad ditemukan namun pengembangannya masih sangat prematur. Seiring berkembangnya teknologi kelistrikan di dunia saat ini, pengembangan transmisi daya listrik dengan induksi elektromagnetik juga semakin banyak dilakukan untuk bisa mengurangi penggunaan kabel yang kurang efisien. Beberapa perangkat elektronik kini sudah banyak yang memanfaatkan teknologi transmisi daya nirkabel seperti charging handphone dan pengisian baterai pada mobil listrik namun masih belum bisa dilakukan dengan jarak yang jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah lilitan kumparan penerima terhadap jarak transmisinya. Metode yang dilakukan yaitu dengan membuat sebuah prototipe dengan konsep transformator yang memanfaatkan udara sebagai media induksinya, kemudian membandingkan kinerja dari rangkaian penerima dengan variasi tiga jumlah lilitan yang berbeda yaitu lebih sedikit, sama banyak, dan lebih banyak dari jumlah lilitan pada kumparan pemancar. Hasil dari pengujian prototipe ini yaitu pada jarak 5 cm, kumparan penerima dengan jumlah lilitan 7 lilitan, 14 lilitan dan 28 lilitan masing-masing menghasilkan daya output sebesar 0,07W, 0,285W dan 0,425W. Kumparan penerima dengan 28 lilitan dapat menyalakan lampu LED dengan jarak yang lebih jauh yakni pada jarak 15 cm, dibandingkan dengan kumparan penerima dengan jumlah 7 lilitan maupun 14 lilitan yang masing-masing hanya dapat menyalakan lampu LED pada jarak 3 cm dan 8 cm.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Pembangkit Tenaga Listrik D4
User ID Pengunggah: Hendry Dharmawan
Date Deposited: 04 Sep 2023 10:40
Last Modified: 04 Sep 2023 10:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14552

Actions (login required)

View Item
View Item