STRATEGI PEMASARAN ASURANSI DALAM MENUMBUHKAN MINAT MASYARAKAT PADA PRODUK ASURANSI JIWA SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA)

1904411047, Nessa Yudhia (2023) STRATEGI PEMASARAN ASURANSI DALAM MENUMBUHKAN MINAT MASYARAKAT PADA PRODUK ASURANSI JIWA SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (952kB)
[thumbnail of Isi Skripsi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi Skripsi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (727kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (281kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang efektif dalam memasarkan produk asuransi jiwa syariah. Kesadaran masyarakat mengenai produk ini masih rendah, sehingga perusahaan asuransi jiwa syariah perlu merancang strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari strategi pemasaran yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa matrik IFAS memiliki total nilai sebesar 3,50. Hal ini menunjukkan bahwa PT Asuransi Takaful Keluarga memiliki posisi internal yang kuat. Posisi perusahaan terhadap lingkungan luar juga kuat dimana martik EFAS memiliki total nilai sebesar 3,20. Kemudian berdasarkan matrik IE, posisi perusahaan berada di kuadran I. Oleh karena itu strategi yang paling baik yaitu strategi SO yakni dengan dengan memaksimalkan semua kekuatan untuk meraih peluang yang ada. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan citra baik dan kepercayaan masyarakat, memperluas pangsa pasar dengan penduduk mayoritas muslim, memaksimalkan penggunaan teknologi informasi, mengoptimalkan produk yang bervariasi dan kompetitif, dan meningkatkan kualitas dan pemahaman karyawan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Nessa Yudhia
Date Deposited: 29 Aug 2023 21:20
Last Modified: 29 Aug 2023 21:20
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14460

Actions (login required)

View Item
View Item