PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI BUS KE KERETA API DALAM RENCANA REAKTIVASI JALUR CIANJUR-PADALARANG

4117010011, Diah Eka Rahmawati (2021) PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI BUS KE KERETA API DALAM RENCANA REAKTIVASI JALUR CIANJUR-PADALARANG. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (707kB)

Abstrak

Perjalanan antar kota di wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur hanya diakomodasi dengan transportasi umum darat berbasis jalan raya yaitu bus antar kota. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk mengaktifkan kembali (reaktivasi) rel kereta dari Bogor hingga Padalarang, sehingga wilayah Selatan Jawa Barat terkoneksi dengan jaringan jalan rel. Tujuan penelitian analisis pemilihan moda ini untuk menganalisis karakteristik sosial ekonomi, perjalanan penumpang, dan menganalisis seberapa besar perpindahan penumpang dari bus yang ada saat ini ke kereta api rute Cianjur-Padalarang. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuesioner menggunakan teknik stated preference dan dianalisis menggunakan regresi logistik biner. Selisih dari biaya, waktu, dah frekuensi perjalanan merupakan atribut pemilihan moda yang dianalisis. Karakteristik sosial ekonomi penumpang diperoleh mayoritas adalah pria, berusia 21-30 tahun, pendidikan terakhir SMA/Sederajat, berwirausaha, pendapatan Rp2.000.001-Rp3.000.000 dengan pengeluaran biaya transportasi Rp100.001-Rp300.000. Karakteristik perjalanan penumpang didominasi asal Cianjur, tujuan Padalarang dengan tujuan bekerja (ekonomi), frekuensi perjalanan 1-2 kali per minggu dengan alasan memilih bus karena mobilitas mudah, waktu perjalanan inti 121-150 menit. Dari hasil perhitungan sensitivitas model, potensi perpindahan penumpang dari bus ke kereta api akan meningkat jika selisih nilai biaya dan waktu perjalanan antara kereta api dan bus semakin kecil, dan selisih frekuensi yang semakin besar.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: S.Tr.T. Diah Eka Rahmawati
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:07
Last Modified: 03 Sep 2021 04:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item
View Item