ANALISIS KESELAMATAN KONSTRUKSI (AKK) PADA PEKERJAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3)

4115110012, Dian Malansari (2023) ANALISIS KESELAMATAN KONSTRUKSI (AKK) PADA PEKERJAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup, dan Daftar Pustaka] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup, dan Daftar Pustaka)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak, Isi Bab 2 sd Bab 4, dan Lampiran] Text (Abstrak, Isi Bab 2 sd Bab 4, dan Lampiran)
ISIBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada pekerjaan pelaksanaan proyek pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3 (STA. 9+314 – STA. 15+000) yang merupakan proyek dengan tingkat resiko besar berdasarkan Permen PUPR Nomor 10 tahun 2021. Penelitian ini difokuskan pada Analisa Keselamatan Konstruksi (AKK) pada bagian struktur atas jembatan. Permasalahan pada penelitian ini adalah sumber bahaya, jenis bahaya, analisis keselamatan konstruksi, serta pengendalian bahaya dan risiko. Untuk pendekatan pengambilan data dan analisa pada penelitian ini digunakan peraturan perundang-undangan, jurnal, dan buku teks terkait dengan manajemen risiko serta konsep keselamatan konstruksi. Data dan variabel pada penelitian ini antara lain: jenis pekerjaan struktur jembatan, sumber bahaya, jenis bahaya, dan pengendalian keselamatan konstruksi. Analisa data dilakukan dengan pengolahan statistik kuantitatif untuk mendapatkan peringkat dari setiap variabel penelitian. Dari Analisa data didapatkan pekerjaan pengangkatan girder jembatan adalah peringkat keselamatan konstruksi terbesar. Kesimpulan dari penelitian ini mendapatkan urutan sumber bahaya yaitu manusia atau pekerja, alat, material, dan lingkungan. Sedangkan jenis bahaya dengan urutan bahaya mekanis, bahaya fisik, bahaya ergonomik, bahaya listrik, bahaya biologis, dan bahaya kimiawi. Analisa Keselamatan Konstruksi dilakukan pada setiap langkah pekerjaan struktur atas jembatan. Pengendalian tersebut adalah APAR, SILO, SIO, Tool Box Meeting, Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi, lifting study, izin kerja, Standard Operation Procedure, rambu K3, ruang penumpukan limbah, dan APD. Hasil analisa keselamatan konstruksi disajikan dalam tabel Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, Penentuan Pengendalian Risiko, dan Peluang (IBPRP) dan tabel AKK.

Kata kunci: Analisa Keselamatan Konstruksi (AKK), sumber bahaya, jenis bahaya, pengendalian

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Dian Malansari
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:09
Last Modified: 29 Aug 2023 04:09
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/14083

Actions (login required)

View Item
View Item