Perlindungan Nasabah Pengguna Layanan E-banking Dalam Perspektif Cybercrime

1904421046, Taufiq Hidayatputra Pratama (2023) Perlindungan Nasabah Pengguna Layanan E-banking Dalam Perspektif Cybercrime. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
judul-bab5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
bab2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (637kB)
[thumbnail of Manuskripfix.pdf] Text
Manuskripfix.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (203kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan pentingnya perlindungan nasabah, bagaimana bentuk perlindungan tersebut serta kendala apa saja yang dihadapi oleh bank dalam perspektif cybercrime. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis data primer dari informan yang diwawancara dan kuisioner yang diisi oleh nasabah pada Bank X yang nantinya dianalisis secara interpretasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan pentingnya perlindungan nasabah bagi bank dan juga nasbah. Semakin baik perlindungan yang diberikan akan memberikan konsistensi keamanan transaksi yang dilakukan oleh bank. Bentuk perlindungan yang dilakukan berpupa preventif melalui (kerahasiaan data, client charter, uji coba layanan, sosialisasi) dan represif melalui costumer service support. Perlindungan yang diberikan oleh Bank x memberikan respon positif dalam keamanan, kerahasiaan, menurut nasabahnya, walaupun tidak bisa sepenuhnya melindungi mereka dari cybercrime. Dalam melakukan perlindungan bank memiliki kendala seperti keterbatasan teknologi, perubahan perilaku cybercrime, kesalahan manusia, dan tingkat penetrasi e-banking yang tinggi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 340 Ilmu hukum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Taufiq Hidayatputra Pratama
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:01
Last Modified: 28 Aug 2023 07:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13992

Actions (login required)

View Item
View Item