ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN TOL TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN BESAR

Yusuf, Hanif (2023) ANALISIS HUBUNGAN TINGKAT KERUSAKAN JALAN TOL TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN BESAR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Hanif Yusuf_1901413005_09_Analisis Hubungan Tingkat Kerusakan Jalan Tol Terhadap Kecepatan Kendaraan Besar_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Judul,Pendahuluan,Penutup] Text (Judul,Pendahuluan,Penutup)
Hanif Yusuf_1901413005_09_Analisis Hubungan Tingkat Kerusakan Jalan Tol Terhadap Kecepatan Kendaraan besar_Halaman Identitas.pdf

Download (600kB)

Abstrak

Penurunan kualitas permukaan jalan akibat kecepatan dan jumlah volume kendaraan yang meningkat maka akan menyebabkan terjadinya kerusakan-kerusakan yang terjadi di jalan berupa jalan berlubang, retak pada jalan, dan sebagainya yang akan mengurangi tingkat keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Sebagai bentuk pencegahan akan terjadinya kecelakaan yang dikarenakan penurunan kualitas jalan, pengendara akan mengendarai kendaraannya dengan kecepatan yang lebih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis kecepatan kendaraan besar yang melintas pada ruas Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono serta menentukan rekomendasi yang disarankan untuk meningkatkan mutu kecepatan kendaraan pada jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono . Indeks kondisi perkerasan atau Pavement Condition Index (yang selanjutnya disingkat PCI) merupakan Indeks numerik yang nilainya berkisar di antara 0 sampai 100. Nilai 0 menunjukkan perkerasan dengan kondisi sangat rusak, dan nilai 100 menunjukkan perkerasan masih sempurna. Indikasi kerusakan berdasarkan tinjauan yang dilakukan didapatkan kerusakan paling parah berada pada nilai PCI 60 memberikan kecepatan 55 km/jam dimana dapat mempengaruhi kecepatan kendaraan yang sudah direncanakan sehingga melakukan pemeliharaan jalan secara rutin dan berkala sehingga kecepatan kendaraan terjaga sesuai dengan batasan kecepatan yang diizinkan kepada pihak yang berwenang pada pengelola Jalan Tol Ir Wiyoto Wiyono, disarankan agar kedepannya melakukan pemeliharaan jalan secara rutin dan berkala pada ruas yang mengalami kerusakan demi menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara sesuai dengan standar pelayanan minimum ( SPM )
Kata Kunci : Kecepatan, Kerusakan Jalan, PCI

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Hanif Yusuf
Date Deposited: 27 Aug 2023 14:24
Last Modified: 27 Aug 2023 14:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

View Item
View Item