ANALISIS KOEFISIEN BAHAN PEKERJAAN PEMBESIAN STRUKTUR ATAS DENGAN BIM CUBICOST GLODON TRB DAN MAXCUT (Studi Kasus: Proyek Office Tower Menara Jakarta)

Fajar Ibrahim, Muhammad (2023) ANALISIS KOEFISIEN BAHAN PEKERJAAN PEMBESIAN STRUKTUR ATAS DENGAN BIM CUBICOST GLODON TRB DAN MAXCUT (Studi Kasus: Proyek Office Tower Menara Jakarta). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi BAB1 & 5] Text (Identitas Skripsi BAB1 & 5)
Skripsi Fajar BAB 1 & 5.pdf

Download (837kB)
[thumbnail of ISI SKRIPSI, LAMPIRAN.] Text (ISI SKRIPSI, LAMPIRAN.)
Skripsi Fajar BAB 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (7MB)

Abstrak

Kesuksesan sebuah proyek konstruksi dapat diukur dari efisiensi waktu, biaya, dan kinerja manusia, peralatan, serta sumber daya alam yang digunakan. Perhitungan material yang kurang tepat dapat menyebabkan sisa material konstruksi yang cukup besar, sehingga terjadi peningkatan biaya yang tidak terduga atau yang biasa disebut over budget. Maka dari itu, penelitian ini penulis akan melakukan perhitungan pembesian yang sudah mengakomodir nilai koefisien bahan pada pekerjaan pembesian struktur atas dengan software Cubicost Glodon TRB dan Maxcut. Penelitian ini dilakukan pada Proyek Office Tower Menara Jakarta dengan cara memodelkan kembali penulangan struktur atas (kolom, core wall, dan balok), sehingga akan didapatkan nilai koefisien bahan pada pekerjaan pembesian. Hasil dari penelitian ini adalah nilai koefisien bahan pembesian kolom sebesar 1,08. Koefisien bahan pembesian core wall sebesar 1,08. Koefisien bahan pembesian pekerjaan balok sebesar 1,06.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Muhammad Fajar Ibrahim
Date Deposited: 27 Aug 2023 13:17
Last Modified: 27 Aug 2023 13:17
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item
View Item