PENINJAUAN ULANG DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE ABUTMENT 2 JEMBATAN CITARUM STA. 52+748 MENGGUNAKAN DATA SPT PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL JAKARTA-CIKAMPEK II SELATAN PAKET III

2001321049, Irnadyanis Estri Utami (2023) PENINJAUAN ULANG DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE ABUTMENT 2 JEMBATAN CITARUM STA. 52+748 MENGGUNAKAN DATA SPT PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL JAKARTA-CIKAMPEK II SELATAN PAKET III. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Latar Belakang, dan Penutup] Text (Judul, Latar Belakang, dan Penutup)
BAB I & BAB V.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of Bab II-Bab IV dan Lampiran] Text (Bab II-Bab IV dan Lampiran)
BAB II-BAB V dan Lampiran.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (26MB) | Request a copy

Abstrak

Pada perencanaan suatu pondasi bangunan diperlukan perhitungan daya dukung pondasinya. Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol “X” menggunakan pondasi bore pile. Kapasitas daya dukung dapat dihitung secara teoritis dengan menggunakan konsep mekanika tanah berdasarkan hasil data penyelidikan tanah di lapangan, seperti menggunakan data uji SPT. Dalam penelitian ini digunakan metode Skempton, metode Briaud & Tucker(1985), dan metode Schmertmann (1967) untuk menghitung daya dukung pondasi bore pile, perhitungan penurunan pondasi menggunakan metode Vesic(1977). Hasil perhitungan dievaluasi dengan cara dibandingkan dengan hasil pengujian PDA. Daya dukung menggunakan data N-SPT terbesar terdapat pada Metode Schmertmann (1967) sebesar 1878,88 ton . Hasil penurunan elastis tiang tunggal yang terbesar pada metode Schmertmann (1967) sebesar 74,145 mm. Daya dukung tiang grup yang terbesar yaitu metode Schmertmann (1967) sebesar 7114,48 ton dan penurunan elastis tiang grup sebesar 35,776 mm, penurunan konsolidasi primer sebesar 1,886 mm, penurunan konsolidasi sekunder sebesar 13,177 mm, dan penurunan segera sebesar 1,369 mm. Hasil penelitian menunjukan bahwa prediksi daya dukung yang paling mendekati PDA terdapat pada metode Schmertmann(1967) yaitu sebesar 1878,88 ton dengan selisih sebesar 24, 56 %.
Kata Kunci: Jalan Tol, Geoteknik,Pondasi Bore Pile

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3
User ID Pengunggah: Irnadyanis Estri Utami
Date Deposited: 27 Aug 2023 02:23
Last Modified: 27 Aug 2023 02:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13760

Actions (login required)

View Item
View Item