FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VARIATION ORDER PADA PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMEN ANTASARI PLACE JAKARTA

1901421003, Kevien Benaya Antonius (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VARIATION ORDER PADA PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMEN ANTASARI PLACE JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of COVER + PENDAHULUAN + PENUTUP.pdf] Text
COVER + PENDAHULUAN + PENUTUP.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of BAB II - IV + LAMPIRAN.pdf] Text
BAB II - IV + LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Variation Order merupakan modifikasi dari isi kontrak yang telah disepakati pada tahap sebelum pelaksanaan. Dalam kegiatan konstruksi, Variation Order merupakan hal yang sering terjadi dalam sebuah konstruksi dan memiliki kemungkinkan untuk memberikan dampak positif atau negatif pada waktu pelaksanaan proyek. Dalam pelaksanan proyek pembangunan apartemen Antasari Place Jakarta terdapat 22 site instruction sebagai perintah untuk dilakukannya pekerjaan Variation Order. Dalam mengindetifikasi parameter yang mempengaruhi Variation Order pada penelitian ini digunakan kuesioner yang telah divalidasi oleh pakar. Penelitian ini mengidentifikasi 21 parameter dari 4 faktor yang mempengaruhi Variation Order pada proyek pembangunan Apartemen Antasari Place Jakarta, dengan faktor yang paling dominan mempengaruhi Variation Order adalah Faktor Konstruksi. Parameter yang telah diidentifikasi kemudian di peringkatkan menggunakan metode Relative Importance Index (RII) dan diperingkatkan tiga parameter dengan nilai RII tertinggi yaitu akibat Penambahan scope pekerjaan dengan skor RII 0,900, perubahan desain dari perencanaan dengan skor RII 0,680, dan perubahan ruang lingkup pekerjaan pada tahap pelaksanaan konstruksi dengan skor RII 0,620. Pekerjaan Variation Order yang ada di proyek pembangunan Apartemen Antasari Place Jakarta tidak berdampak pada waktu penyelesaian akhir kontrak proyek karena pelaksanaan proyek belum memasuki lintasan kritis waktu pelaksanaan dan dikerjakan selama waktu slack time.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 606 Organisasi di bidang teknologi dan ilmu terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 692 Praktek yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Kevien Benaya
Date Deposited: 26 Aug 2023 16:04
Last Modified: 26 Aug 2023 16:04
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13723

Actions (login required)

View Item
View Item