ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN PADA PT AIDI DIGITAL GLOBAL TANGERANG BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP)

1904431006, Desy Rahmah Fitriani (2023) ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN PADA PT AIDI DIGITAL GLOBAL TANGERANG BERDASARKAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak_Desy Rahmah Fitriani_1904431006.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)_Desy Rahmah Fitriani_1904431006.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi (Bab 2 s.d. Bab 4)_Desy Rahmah Fitriani_1904431006.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (646kB)

Abstrak

Pengakuan pendapatan sangat penting dilakukan dengan tepat berdasarkan panduan atau pedoman yang telah diatur dalam standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian PT Aidi Digital Global dengan kriteria perusahaan yang dapat menggunakan SAK ETAP, mendeskripsikan proses terkait pengakuan pendapatan yang dilakukan oleh PT Aidi Digital Global, dan menganalisis kesesuaian pengakuan pendapatan PT Aidi Digital Global dengan SAK ETAP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan jenis dan sumber data penelitian yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara (interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Aidi Digital Global telah sesuai dengan kriteria perusahaan yang dapat menggunakan SAK ETAP. Sumber-sumber pendapatan PT Aidi Digital Global terdapat pada produk layanan S.id, meliputi: pendapatan atas pengguna berbayar dan pendapatan atas jasa iklan (iklan langsung dan media periklanan). Metode pencatatan yang dilakukan oleh bagian keuangan PT Aidi Digital Global dalam mengakui pendapatan adalah cash basis. Pengakuan pendapatan yang dilakukan oleh PT Aidi Digital Global belum sepenuhnya sesuai dengan SAK ETAP.
Kata Kunci: Pengakuan, Pendapatan, SAK ETAP

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Desy Rahmah Fitriani
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:07
Last Modified: 25 Aug 2023 06:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item
View Item