2001321044, Bama Aditya (2023) PENGGUNAAN SEMEN OPC DAN PCC TERHADAP KUAT LENTUR BETON PADA PERKERASAN KAKU (JALAN TOL SERANG-PANIMBANG). D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
0. FILE 1.pdf
Download (2MB)
0. FILE 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (13MB)
Abstrak
Pembangunan jalan tol merupakan salah satu pembangunan infrastruktur yang sedang banyak di bangun, salah satunya proyek jalan tol Serang-Panimbang. Pada perencanaannya, jalan tol ini menggunakan perkerasan kaku dengan mutu beton F’s 45 Kg/cm2. Semen yang digunakan pada campuran beton untuk perkerasan jalan tol ini adalah jenis semen OPC Tipe 1. Selain jenis semen OPC, terdapat banyak jenis semen yang beredar di lingkup konstruksi salah satunya yaitu jenis semen PCC. Setiap jenis semen memiliki kekurangan dan kelebihan dari segi kekutan maupun unsurnya, sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kuat lentur beton menggunakan semen OPC dan PCC pada proyek jalan tol Serang-Panimbang. Berdasarkan hasil pengujian dihasilkan kuat lentur umur 28 hari beton yang menggunakan semen OPC sebesar 5,83 MPa sedangkan beton yang menggunakan semen PCC sebesar 5,89 MPa. Dapat disimpulkan bahwa kuat lentur beton menggunakan semen PCC lebih besar dari kuat lentur beton yang menggunakan semen OPC.
Kata kunci: Beton, Kuat Lentur, OPC, PCC, Semen.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3 |
User ID Pengunggah: | Bama Aditya |
Date Deposited: | 26 Aug 2023 13:51 |
Last Modified: | 26 Aug 2023 13:51 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13431 |