KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN AC-WC MENGGUNAKAN BAHAN PENGGANTI AGREGAT STEEL SLAG

2001321052, Muhammad Tondi Satria Harahap (2023) KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN AC-WC MENGGUNAKAN BAHAN PENGGANTI AGREGAT STEEL SLAG. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Pendahuluan, Akhir.] Text (Pendahuluan, Akhir.)
Halaman Identitas_M.Tondi Satria Harahap.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Isi, Bab II s.d. Bab IV.] Text (Isi, Bab II s.d. Bab IV.)
Bab II-Bab IV+Lampiran_M.Tondi Satria Harahap.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Pertumbuhan lalu lintas yang bertambah akibat pertumbuhan dari segi industri maka sangat penting untuk melakukan peningkatan kualitas perkerasan jalan. Pada suatu industri pasti menghasilkan limbah, contohnya Steel Slag. Steel slag memiliki karakteristik seperti agregat kasar dengan permukaan yang berongga. Oleh karena itu steel slag dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengganti agregat kasar yang diharapkan mampu menambah kualitas campuran aspal sekaligus mengurangi penumpukan limbah slag. Data yang diperoleh dari uji laboratorium kemudian disajikan dalam tabel data dan ditampilkan secara grafis, lalu dilakukan data analisis dan dibandingkan dengan spesifikasi masing-masing pengujian untuk mendapatkan kesimpulan. Alat yang digunakan adalah Alat Marshall dan software yang digunakan untuk membantu dalam melakukan analisis data, yakni Microsoft Excel. Berdasarkan hasil pengujian didapatkan presentase agregat Steel Slag Optimum pada tiap parameter Marshall test adalah nilai Stabilitas 1519,62 kg; Flow 3,45 mm; VMA 17,05%; VIM 3,59%; VFA 79,12%; dan Marshall Quotient 440,67 kg/mm. Pada campuran aspal menggunakan agregat steel slag dengan presentase steel slag sebesar 50% dapat digunakan pada lapisan aus atau AC-WC untuk lalu lintas berat. Berdasarkan hasilpengujian disarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan campuran aspal hangat atau campuran aspal dingin, Steel slag dapat digunakan untuk substitusi agregat halus pada campuran aspal panas AC-WC, Steel slag dapat digunakan untuk campuran aspal AC-BC, dapat menggunakan tipe aspal lain seperti aspal penetrasi 80/100 untuk mengetahui perbandingan karakteristik Marshall, dan juga dapat menggunakan tipe filler yang berbeda.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 691 Material bangunan, bahan bangunan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 693 Konstruksi dengan jenis bahan tertentu dan untuk tujuan tertentu
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3
User ID Pengunggah: Muhammad Tondi Satria Harahap
Date Deposited: 25 Aug 2023 13:12
Last Modified: 25 Aug 2023 13:12
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item
View Item