Pelaksanaan Pekerjaan Tanah untuk Badan Jalan Tol Proyek Tol Serang-Panimbang

2001321045, Danang Bagus Oktananda (2023) Pelaksanaan Pekerjaan Tanah untuk Badan Jalan Tol Proyek Tol Serang-Panimbang. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Pendahuluan,Akhir] Text (Pendahuluan,Akhir)
File Ta 1.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of isi Bab 2 s/d Bab 4] Text (isi Bab 2 s/d Bab 4)
File TA 2_removed.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Dalam melakukan pekerjaan tanah diperlukan perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan untuk membangun suatu kontruksi agar menghasilkan perkerjaan yang benar. Proses perencanaan harus direncanakan dengan benar dan lengkap ,dari mulai pekerjaan tanah dasar,pekerjaan pemadatan serta manajemen mobilisasi alat berat supaya tidak terjadi keterlambatan serta kekurangan dari segi spesifikasi dan bahan baku material ketika sudah mulai bekerja. Dalam hal ini dikaji yaitu metode kerja berlandaskan peraturan pupr serta spesifikasi yang sudah ditetapkan kementrian ,dan menghitung produktivitas alat berat yang digunakan untuk pekerjaan tanah. Data untuk melengkapi perhtiungan produktivitas berdasarkan standart umum bukan hasil observasi sendiri.Membuat tahapan pekerjaan berupa flow chart pada setiap pekerjaan serta metode kerja berupa layout kerja. menghitung hasil produktivitas alat berat excavator,bulldozer,motor grader,vibro roller,dan dump truck sehingga mendapatkan durasi pekerjaan. menyusun schedule pekerjaan berdasarkan data durasi yang dihasil dari produktivitas alat berbanding dengan kuantitas pada setiap pekerjaan. Metode Pelaksanaan pekerjaan tanah sepanjang 2 km dibagi per segmen dengan total segmen yaitu 5 segmen untuk 1 segmen pekerjaan memiliki Panjang 400 m. Mulai dari pekerjaan pembersihan lahan hingga Lapis Pondasi. Penjadwalan pekerjaan dengan metode barchart menghasilkan waktu 60 hari kerja untuk menyelesaikan pekerjaan tanah dengan waktu kerja 7 jam/hari cuaca normal.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 692 Praktek yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 693 Konstruksi dengan jenis bahan tertentu dan untuk tujuan tertentu
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3
User ID Pengunggah: DANANG BAGUS OKTANANDA
Date Deposited: 26 Aug 2023 05:59
Last Modified: 26 Aug 2023 05:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13371

Actions (login required)

View Item
View Item