PERBANDINGAN METODE ANALISIS RISIKO IBPRP DAN HIRARC PADA PROYEK JALAN TOL ANCOL TIMUR-PLUIT

2001321033, Wilmart Rio Ferdinand (2023) PERBANDINGAN METODE ANALISIS RISIKO IBPRP DAN HIRARC PADA PROYEK JALAN TOL ANCOL TIMUR-PLUIT. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1 dan BAB 5] Text (BAB 1 dan BAB 5)
Naskah Untuk Repository Bagian 1.pdf

Download (832kB)
[thumbnail of BAB 2 s.d BAB 4] Text (BAB 2 s.d BAB 4)
Naskah Untuk Repository Bagian 2.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Menganalisis risiko merupakan salah satu hal penting untuk mencapai keselamatan konstruksi. Diterapkannya PERMEN PUPR No. 10 tahun 2021 memastikan setiap kontraktor untuk menerapkan SMKK. SMKK memiliki metode analisis risiko yaitu IBPRP. Diterapkannya hal tersebut bersinggungan dengan beberapa kontraktor yang memiliki sistem dan metode analisis risiko tersendiri salah satunya metode analisis risiko HIRARC. Kedua metode ini memiliki konsep yang mirip namum memiliki skala penilaian yang berbeda. Membandingkan nilai risiko yang dihasilkan menjadi tujuan utama penelitian ini. Pada tugas akhir ini akan dibahas perbedaan dari kedua metode tersebut, terkhusus pada nilai risiko yang dihasilkan dari skala perhitungan masing-masing metode. Dengan menganalisis pekerjaan yang sama dan menerapkannya pada dua metode yang berbeda,lalu dilaukan perbandingan. Hasil dari perbandingan tersebu t akan menjadi kesimpulan dari tugas akhir ini. Dari hasil penelitian ini didapatkan adanya perbedaan dari nilai risiko yang dihasilkan dari SMKK (IBPRP) dengan sistem Internal Kontraktor (HIRARC). Disimpulkan bahwa dengan pekerjaan yang sama, metode HIRARC menilai risiko lebih tinggi daripada metode IBPRP. Ditemukan juga faktor yang membedakan kedua metode tersebut adalah pada faktor tingkat keparahan yang sama-sama memiliki lima (5) tingkatan namun definisi dari tiap tingkatannya berbeda.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 692 Praktek yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 693 Konstruksi dengan jenis bahan tertentu dan untuk tujuan tertentu
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3
User ID Pengunggah: Wilmart Rio
Date Deposited: 26 Aug 2023 05:01
Last Modified: 26 Aug 2023 05:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13359

Actions (login required)

View Item
View Item