PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PEKERJAAN PONDASI BORE PILE DAN SPUN PILE

1901421047, Oktavia Dabukke (2023) PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PEKERJAAN PONDASI BORE PILE DAN SPUN PILE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA] Text (BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL_BAB I DAN BAB V_DAFTAR PUSTAKA_OKTAVIA DABUKKE.pdf

Download (763kB)
[thumbnail of ABSTRAK, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN] Text (ABSTRAK, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN)
SKRIPSI_ABSTRAK_ABSTRACT_BAB II-IV_LAMPIRAN _OKTAVIA DABUKKE.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Pengambilan keputusan terhadap metode pekerjaan yang digunakan dalam suatu proyek konstruksi merupakan hal yang sangat penting. Seperti halnya dalam pemilihan metode pekerjaan pondasi yang akan digunakan karena pondasi memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pekerjaan struktur bawah. Pemilihan metode pelaksanaan pekerjaan pondasi yang sesuai akan memperlancar proses pekerjaan sehingga perlu diketahui berapa besar biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kedua metode pekerjaan pondasi tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar perbandingan biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan pondasi bore pile dan spun pile. Adapun data yang dibutuhkan untuk menghitung biaya dan waktu pada kedua metode pekerjaan pondasi tersebut meliputi volume pekerjaan, koefisien pengali yang mengacu pada Permen PUPR no. 1 tahun 2022, data tenaga kerja, alat, dan durasi yang dibutuhkan serta metode pelaksanaan pekerjaan. Berdasarkan analisa peneliti yang dilakukan dengan membandingkan pelaksanaan dua metode pekerjaan pondasi yaitu menggunakan bore pile dan spun pile didapatkan biaya total pelaksanaan pekerjaan pondasi bore pile sebesar Rp13.405.153.637 dengan waktu pelaksanaan 189 hari. Sedangkan apabila digunakan pondasi spun pile membutuhkan biaya sebesar Rp11.590.475.275 dengan waktu pelaksanaan 173 hari. Sehingga kedua metode pelaksanaan pekerjaan pondasi tersebut memiliki selisih biaya Rp1.814.678.362 dan selisih waktu 16 hari.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Oktavia Dabukke
Date Deposited: 25 Aug 2023 09:12
Last Modified: 25 Aug 2023 09:12
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13218

Actions (login required)

View Item
View Item