ANALISIS UMUR SISA DAN TEBAL PERKERASAN JALAN TOL AKIBAT BEBAN BERLEBIH

4117110001, Ahmad Ahlan Hidayah (2021) ANALISIS UMUR SISA DAN TEBAL PERKERASAN JALAN TOL AKIBAT BEBAN BERLEBIH. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 5 Isi Skripsi)
Halaman Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
78-Ahmad Ahlan Hidayah-Nuzul Barkah Prihutomo, Danang Eko Saputro-rev.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (953kB)
[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Jalan tol merupakan infrastruktur yang dapat menunjang hampir segala aspek dalam
hidup masyarakat. Hal ini yang membuat jalan tol menjadi pilihan utama para
pengendara salah satunya untuk menghemat biaya transportasi, jarak dan, waktu
tempuh. Jalan tol Jakarta-Cikampek melewati kawasan industri yang
memungkinkan kendaraan beban berlebih melewati ruas tersebut. kendaraan beban
berlebih. Kendaraan yang memiliki beban berlebih akan meningkatkan kerusakan
jalan serta memperpendek umur rencana yang sudah didesain, dengan arti lain
beban yang diterima oleh perkerasan bila tidak sesuai dengan perencanaan akan
berdampak buruk pada perkerasan. Penelitian ini untuk mencari dampak yang
disebabkan oleh kendaraan beban berlebih pada umur perkerasan jalan tol serta
memperhitungkan ulang tebal perkerasan dengan adanya kendaraan overload,
dengan tujuan mengetahui golongan kendaraan beban berlebih yang paling
berdampak pada umur perkerasa jalan serta untuk membuat perkerasan dapat
memberikan pelayanan yang maksimal. Berdasarkan hasil perhitungan umur sisa
pekerasan didapatkan hasil untuk kendaraan overload sebesar 3,21% dengan umur
sisa perkerasan sebesar 6 bulan. Lalu untuk umur sisa pada kendaraan overload
golongan 6B pada tahun 2032 sebesar 3,48%, golongan 7A1 pada tahun 2032
sebesar 3,35%, Golongan 7C1 pada tahun 2032 sebesar 3,52% dan golongan 7C2
pada tahun 2032 sebesar 3,49%. Sedangkan untuk kendaraan tanpa beban berlebih
sebesar 3,55%. Dengan umur sisa perkerasan sebesar 7 bulan. Lalu untuk
perhitungan tebal perkerasan yang dibutuhkan didapatkan hasil sebesar 35 cm.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kendaraan yang memiliki
beban berlebih memberikan dampak pada perkerasan jalan tol.
Kata kunci: Umur sisa perkerasan, tebal perkerasan, kendaraan beban berlebih

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: S.Tr.T. Ahmad Ahlan Hidayah
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:11
Last Modified: 09 Sep 2021 04:11
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1316

Actions (login required)

View Item
View Item