ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU UTAMA MENGGUNAKAN METODE AHP DAN PROMETHEE (STUDI KASUS : PT XYZ)

1906411027, Destinaz Dryandra Yudistia (2023) ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU UTAMA MENGGUNAKAN METODE AHP DAN PROMETHEE (STUDI KASUS : PT XYZ). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU UTAMA MENGGUNAKAN METODE AHP DAN PROMETHEE.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi_ANALISIS PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU UTAMA MENGGUNAKAN METODE AHP DAN PROMETHEE.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (535kB)

Abstrak

PT XYZ merupakan perusahaan percetakan yang bergerak di bidang kemasan berjenis kertas, seperti kemasan folding box dan shopping bag. Setelah dilakukan observasi pada perusahaan diketahui bahwa adanya barang reject pada bahan baku duplex dengan kualitas yang kurang memenuhi standar perusahaan sehingga terhambatnya aktivitas produksi perusahaan. Diketahui perusahaan belum memiliki prosedur dalam penentuan prioritas pemasok bahan baku. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi untuk menentukan supplier terbaik berdasarkan kriteria yang dibutuhkan perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat bermitra dalam jangka waktu panjang, sehingga menjaga efisiensi produktivitas perusahaan. Penelitian ini digunakan metode AHP untuk menentukan bobot pada kriteria pemilihan supplier yang dilanjutkan dengan metode Preference Ranking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) untuk menghasilkan peringkat alternatif supplier. Hasil penelitian dengan menggunakan metode AHP menunjukkan kriteria Kualitas Baik memiliki nilai bobot tertinggi menghasilkan bobot kriteria 0.19, disusul oleh konsistensi kualitas dengan bobot 0.18, dan harga yang terjangkau dengan bobot 0.13. Pada hasil perankingan yang menggunakan metode PROMETHEE didapatkan urutan alternatif prioritas supplier dengan nilai net flow diantaranya PT B (0,12), PT A (-0,015), dan PT C (-0,105).

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: Destinaz Dryandra Yudistia
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:02
Last Modified: 23 Aug 2023 07:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13120

Actions (login required)

View Item
View Item