FUNGSI BANK GARANSI BAGI PT PERTAMINA (PERSERO) SEBAGAI PIHAK PENERIMA JAMINAN

2004321020, Yuliana (2023) FUNGSI BANK GARANSI BAGI PT PERTAMINA (PERSERO) SEBAGAI PIHAK PENERIMA JAMINAN. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir)
Halaman Identitas_Tugas Akhir_Yuliana.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Halaman Isi Tugas Akhir] Text (Halaman Isi Tugas Akhir)
Halaman Isi_Tugas Akhir_Yuliana.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (577kB)

Abstrak

Penulisan Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur penerbitan bank garansi, prosedur klaim bank garansi, serta fungsi bank garansi bagi PT Pertamina (Persero) sebagai pihak penerima jaminan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara dan studi pustaka, serta metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu analisis deskriptif. Bank garansi dijadikan syarat dalam sebuah kontrak perjanjian kerja sama dengan tujuan utama yaitu untuk melindungi pihak pemberi kerja dari risiko wanprestasi yang mungkin dilakukan oleh pihak pelaksana kerja. Dalam hal ini, pihak pemberi kerja menjadi pihak penerima jaminan, pihak pelaksana kerja menjadi pihak yang dijamin, serta bank sebagai pihak penjamin. Dalam perjanjian bank garansi tentunya setiap pihak memiliki hak dan kewajibannya masing-masing. Pihak penerima jaminan dapat mengajukan klaim kepada penjamin jika pihak pelaksana kerja malakukan cidera janji, sehingga bank garansi memberikan perlindungan finansial bagi penerima garansi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3
User ID Pengunggah: Yuliana yuliana
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:33
Last Modified: 23 Aug 2023 02:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item
View Item