1906411025, Zahra Yusr Aminah (2023) IMPLEMENTASI VALUE STREAM MAPPING PADA PROSES BONGKAR MUAT PETI KEMAS DENGAN PENDEKATAN LEAN SERVICE. D4 thesis, Politknik Negeri Jakarta.
Halaman Identitas Skripsi Zahra Yusr A.pdf
Download (1MB)
Isi Skripsi Zahra Yusr Aminah_1.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (1MB)
Abstrak
Lean service merupakan rangkaian metode dan sarana yang dimanfaatkan untuk mengurangi biaya, meningkatkan kinerja, mengurangi waktu tunggu, dan menghilangkan waste untuk mencapai kualitas jasa yang optimal. Penyebab terjadinya waste dalam proses pelayanan bongkar muat peti kemas memiliki dampak negatif pada produktivitas. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengurangi atau menghilangkan pemborosan tersebut guna meningkatkan kualitas layanan tanpa merugikan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab waste dari yang paling tinggi hingga terendah, serta memberikan usulan perbaikan. Penelitian ini menerapkan waste assesment model (WAM) untuk mengidentifikasi waste dan melakukan analisis perbaikan dengan value analysis stream tools. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urutan waste tertinggi sampai terendah adalah waiting (19,01%), defect (18,83%), overproduction (17,99%), inventory (16,36%), motion (14,28%), process (8,18%), transportation (5,35%). Setelah dilakukan analisis dengan Process Activity Mapping (PAM) didapat peningkatan service efficiency manjadi 61% dari yang sebelumnya 60%.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4 |
User ID Pengunggah: | Zahra Yusr Aminah |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 07:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 07:26 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12852 |