Pengaruh Digital Marketing, Perceived Quality, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Nasabah menggunakan BSM Mobile Banking (Studi Kasus Pengguna Bank Syariah Mandiri Mobile Banking di Jabodetabek)

4417020045, Vinny Febriyanti (2021) Pengaruh Digital Marketing, Perceived Quality, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Nasabah menggunakan BSM Mobile Banking (Studi Kasus Pengguna Bank Syariah Mandiri Mobile Banking di Jabodetabek). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
VINNY BAB 1 sd BAB 5.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
VINNY BAB 2 - BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
BS_8B_Vinny Febriyanti_ARTIKEL_4417020045.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (271kB)

Abstrak

Memasuki revolusi industri 4.0 teknologi digital berkembang pesat menghinggapi seluruh lini kehidupan masyarakat. Teknologi digital juga memasuki industri perbankan untuk memberikan layanan yang cepat dan akurat. Salah satu teknologi perbankan yaitu Mobile Banking kini diluncurkan oleh bank-bank di Indonesia yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Bank syariah terbesar di Indonesia, Bank Syariah Mandiri mengeluarkan layanan BSM Mobile Banking pada tahun 2007. Namun, data menunjukkan angka pengguna BSM Mobile Banking masih sedikit yaitu 973.000 pengguna dan terpaut jauh dari jumlah nasabah BSM secara nasional yang sudah mencapai 8.000.000 nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing, perceived quality, dan word of mouth terhadap keputusan nasabah menggunakan BSM Mobile Banking. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengambil sampel sebanyak 100 responden yang merupakan pengguna BSM Mobile Banking di Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan, digital marketing, perceived quality, dan WOM memiliki pengaruh positif signifikan dalam mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan BSM Mobile Banking. Hasil penelitian ini diharapkan memiliki implikasi untuk Bank Syariah Mandiri sebagai acuan tambahan dalam meningkatkan keputusan nasabah menggunakan BSM Mobile Banking seperti meningkatkan promosi dan edukasi di media sosial, meningkatkan kualitas sistem dan menyebarkan informasi kepada masyarakat luas agar semakin mengetahui layanan ini.

Kata Kunci: Digital Marketing, Perceived Quality, Word of Mouth, Keputusan Menggunakan BSM Mobile Banking

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 508 Sejarah perkembangan ilmu pengetahuan alam
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Vinny Febriyanti
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:02
Last Modified: 13 Sep 2021 04:02
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item
View Item