STUDI PENANGANAN KEMACETAN PADA SIMPANG JOGLO RAYA, KEMBANGAN, JAKARTA BARAT

1801321036, Susenio Wibowo (2021) STUDI PENANGANAN KEMACETAN PADA SIMPANG JOGLO RAYA, KEMBANGAN, JAKARTA BARAT. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi bab 2 sd bab 5] Text (Isi bab 2 sd bab 5)
BAB II-V.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of 12_Studi Penanganan Kemacetan pada Simpang Joglo Raya, Kembangan, Jakarta Barat.pdf] Text
12_Studi Penanganan Kemacetan pada Simpang Joglo Raya, Kembangan, Jakarta Barat.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (4MB)

Abstrak

Simpang Joglo adalah salah satu persimpangan yang terletak di Jalan Joglo Raya, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Persimpangan ini menghubungkan Kota Jakarta Selatan, Tangerang dan Jakarta Barat. Oleh karena itu kemacetan sering terjadi di persimpangan ini. Kemacetan menyebabkan banyak pengguna jalan yang resah. Kemacetan di persimpangan Joglo Raya disebabkan meningkatnya volume kendaraan dan pertumbuhan penduduk yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa total kendaraan dan tungkat kejenuhan di Simpang Joglo, Jakarta Barat. Metode pengumpulan data dilakukan selama 4 hari yaitu 2 hari kerja dan 2 hari libur. Pada hari kerja dilakukan pengumpulan data pada hari Senin dan Jumat, sedangkan pada hari libur dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu dengan survei volume lalu lintas kendaraan. Survei lalu lintas bertujuan untuk mendapatkan volume kendaraan tertinggi. Selain itu, data dianalisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2014). Berdasarkan hasil analisis, volume jam puncak untuk perencanaan digunakan data pada hari kerja dengan total 11.947 kendaraan/jam dan derajat kejenuhan sebesar 1,354. Berdasarkan hasil volume kendaraan tertinggi dan tingkat saturasi nilai, tingkat kepadatan lalu lintas di persimpangan Joglo cukup tinggi. Solusi atlernatif yang direncanakan dipilih upaya perbaikan 5 (perubahan tipe simpang menjadi 424) karena dinilai efektif (syarat kinerja simpang terpenuhi). Upaya perbaikan 4 ini memiliki DJ sebesar 0,799 dan tundaan rata-rata sebesar 10,48 det/skr sehingga termasuk Level of service B dan tundaan pada tahun 2034 didapat sebesar 35,31 det/skr maka dapat dikategorikan menjadi Level of Service kelas D (syarat ideal simpang LoS B) dan DJ sebesar 1,151.
Kata kunci: Volume Jam Perencanaan, Kemacetan, Derajat Kejenuhan, Proyeksi Volume Kendaraan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Sipil D3
User ID Pengunggah: A.md.T Suseno Wibowo
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:14
Last Modified: 10 Sep 2021 01:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item
View Item