PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PERIODE 2013-2022

1904434014, Terra Fahira Gunawan (2023) PENGARUH FRAUD DIAMOND TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SELAMA PERIODE 2013-2022. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel Terra Fahira Gunawan.pdf] Text
Artikel Terra Fahira Gunawan.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (466kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fraud diamond dalam mendeteksi dan mencegah laporan keuangan yang di manipulasi. Sampel yang digunakan sebagai objek penelitian adalah perusahaan di Indonesia yang melakukan manipulasi penipuan. Data diambil dari laporan keuangan perusahaan yang melakukan manipulasi laporan keuangan, sebagian diambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI), dan sebagian diambil dari situs web perusahaan. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kuantitatif. Objek penelitian adalah laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan pernah mengalami manipulasi kecurangan laporan keuangan selama periode tahun 2013-2022. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel. Model estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model common effect. H1: Pressure berpengaruh positif terhadap Kecurangan Laporan Keuangan, H2: Opportunity berpengaruh positif terhadap Kecurangan Laporan Keuangan, H3: Rationalization berpengaruh positif terhadap Kecurangan Laporan Keuangan, H4: Capability berpengaruh positif terhadap Kecurangan Laporan Keuangan, H5: Pressure, Opportunity, Rationalization, dan Capability berpengaruh positif terhadap Kecurangan Laporan Keuangan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode regresi data panel dengan software Stata 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pressure yang diproksikan dengan financial target dan external pressure; opportunity yang diproksikan dengan ineffective monitoring dan nature of industry; rationalization yang diproksikan dengan change in auditor dan rationalization; capability yang diproksikan dengan pergantian direksi; variabel pada fraud diamond memiliki pengaruh negatif dan positif terhadap laporan keuangan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: D4 Terra Fahira Gunawan
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:34
Last Modified: 21 Aug 2023 06:34
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item
View Item