PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR, OPINI AUDIT DENGAN MODIFIKASI, DAN KOMPETENSI BUKTI AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG: STUDI EMPIRIS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI DKI JAKARTA

1904434007, Tigris Miranda Matondang (2023) PENGARUH PENGALAMAN AUDITOR, OPINI AUDIT DENGAN MODIFIKASI, DAN KOMPETENSI BUKTI AUDIT TERHADAP AUDIT REPORT LAG: STUDI EMPIRIS PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI DKI JAKARTA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Bab 1 dan Bab 5)] Text (Halaman Identitas Skripsi (Bab 1 dan Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi, Pendahuluan dan Penutup (Bab 1 dan Bab 5).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi Skripsi (Bab 2 s.d Bab 4)] Text (Isi Skripsi (Bab 2 s.d Bab 4))
Isi (Bab 2 s.d Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Tigris Miranda Matondang.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Audit report lag adalah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proses audit sampai dengan tanggal dipublikasikannya laporan audit. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh variabel independen yaitu pengalaman auditor, opini audit dengan modifikasi, dan kompetensi bukti audit terhadap variabel dependen yakni audit report lag. Kedua variabel ini membentuk hubungan sebab akibat, sehingga penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan asosiatif kausal atau studi kausal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memilih teknik sampling yaitu purposive sampling untuk mendapatkan responden dengan kriteria tertentu. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 151 auditor yang bekerja pada Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta dengan level kecil hingga menengah. Dari hasil penyebaran kuesioner tersebut, responden yang diperoleh adalah sebanyak 138 auditor. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 29. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa opini audit dengan modifikasi dan kompetensi bukti audit berpengaruh terhadap audit report lag secara parsial, sedangkan pengalaman auditor tidak berpengaruh terhadap audit report lag secara parsial. Selain itu, ketiga variabel yakni pengalaman auditor, opini audit dengan modifikasi, dan kompetensi bukti audit memiliki pengaruh secara simultan terhadap audit report lag.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Tigris Miranda Matondang
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:33
Last Modified: 21 Aug 2023 06:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12744

Actions (login required)

View Item
View Item