PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR, KONTROL PERILAKU, DAN INTENSITAS MORAL TERHADAP INTENSI AUDITOR EKSTERNAL DALAM MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi Kasus Pada KAP di DKI Jakarta)

1904434003, Rafi Dwi Octavia (2023) PENGARUH PROFESIONALISME AUDITOR, KONTROL PERILAKU, DAN INTENSITAS MORAL TERHADAP INTENSI AUDITOR EKSTERNAL DALAM MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi Kasus Pada KAP di DKI Jakarta). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 dan Bab 5] Text (Bab 1 dan Bab 5)
Identitas Skripsi (Bab I dan Bab V).pdf

Download (2MB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel independen profesionalisme auditor, kontrol perilaku, dan intensitas moral terhadap niat variabel dependen intensi melakukan whistleblower. Penelitian dilaksanakan di Kota DKI Jakarta. Profesionalisme, Kontrol Perilaku, dan Intensitas moral menjadi objek penelitian. Sedangkan subjek penelitian peneliti adalah junior auditor, associate auditor, senior auditor, supervisor dan manager auditor yang bekerja di kantor akuntan publik di wilayah DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda melalui bantuan software SPSS versi 29. Sampel dalam penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling yang berjumlah 131 responden.
Hasil dari penelitian ini adalah secara parsial Profesionalisme Auditor (X1) memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi dalam melakukan whistleblowing, Kontrol Perilaku (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi dalam melakukan whistleblowing, Intensitas Moral (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi dalam melakukan whistleblowing, serta secara simultan profesionalisme Auditor, Kontrol Perilaku dan Intensitas Moral memiliki pengaruh signifikan terhadap intensi dalam melakukan whistleblowing.
Kata kunci: profesionalisme auditor, kontrol perilaku, intensitas moral, whistleblowing.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Rafi Dwi Octavia
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:33
Last Modified: 21 Aug 2023 06:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item
View Item