ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN PERPAJAKAN WAJIB PAJAK PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA WAJIB PAJAK UMKM ONLINE SHOP XYZ)

1904431046, Rubby Cahya Gardini (2023) ANALISIS TINGKAT KEPATUHAN PERPAJAKAN WAJIB PAJAK PENGGUNA E-COMMERCE (STUDI KASUS PADA WAJIB PAJAK UMKM ONLINE SHOP XYZ). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Judul, Pendahuluan dan Penutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (700kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf

Download (474kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemenuhan kewajiban perpajakan dan kepatuhan Wajib Pajak UMKM online shop XYZ sebagai pengguna e-commerce sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2022, kendala yang dihadapi, serta solusi yang dapat dilakukan dalam pemenuhan kewajiban perpajakan dan meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak pengguna e-commerce. Jenis penelitian ini berupa studi kasus dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif sehingga penulis menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi dalam kegiatan mengumpulkan data. Narasumber pada penelitian ini merupakan Wajib Pajak Orang Pribadi online shop sebagai pengguna e-commerce yang memperoleh peredaran bruto usaha tidak lebih dari Rp4,8 miliar dalam setahun sesuai dengan kebijakan PP Nomor 55 Tahun 2022. Jenis wawancara yang dilakukan adalah semistruktur yang kemudian hasil dari wawancara akan dijabarkan dengan apa adanya saat pengumpulan data.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemilik online shop XYZ telah memenuhi kewajiban perpajakannya dan dikatakan patuh sebagai Wajib Pajak sesuai dengan indikator yang digunakan pada penelitian ini. Namun dalam pemenuhan kewajiban perpajakannya, Wajib Pajak UMKM online shop XYZ menunjuk seorang kuasa untuk mengurus administrasi perpajakannya karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh Wajib Pajak terkait kebijakan PP Nomor 55 Tahun 2022.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Rubby Cahya Gardini
Date Deposited: 07 Sep 2023 08:01
Last Modified: 07 Sep 2023 08:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12721

Actions (login required)

View Item
View Item