PEMBUATAN FILM INDIKATOR KESEGARAN FILET IKAN PATIN (Pangasius Sp.) BERBASIS EKSTRAK ANTOSIANIN BUNGA TELANG (Clitoria Ternatea)

1906411002, Maulana Fajar Yudho Negoro (2023) PEMBUATAN FILM INDIKATOR KESEGARAN FILET IKAN PATIN (Pangasius Sp.) BERBASIS EKSTRAK ANTOSIANIN BUNGA TELANG (Clitoria Ternatea). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas_Laporan TA_Maulana Fajar Yudho Negoro_TICK8A.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 sd BAB 4] Text (BAB 2 sd BAB 4)
BAB 2 sd BAB 4_Laporan TA_Maulana Fajar Yudho Negoro_TICK8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Ikan patin merupakan salah satu produk pangan yang mudah sekali mengalami pembusukan karena ikan patin merupakan media yang baik untuk pertumbahan mikroorganisme sebab kandungan protein yang terkandung dalam ikan patin sangat tinggi. Untuk mengetahui tingkat kesegaran ikan patin dibutuhkan kemasan pintar. Pada kemasan pintar ini terdapat indikator yang dapat memperlihatkan tingkat kesegaran filet ikan patin yang dikemas. Film indikator ini terbuat dari hasil ekstraksi bunga telang. Bunga telang memiliki kandungan antosianin yang sangat tinggi dan memiliki sifat stabilitas yang baik pada kondisi asam. Tujuan penelitian ini untuk membuat film indikator menggunakan pewarna alami berbasis ekstrak bunga telang. Film indikator dibuat dengan formulasi komposisi antara pati dan ekstrak bunga telang. Kemudian film indikator diaplikasikan pada kemasan filet ikan patin pada suhu ruang dan suhu chiller. Pengujian yang dilakukan meliputi uji perubaahan warna, uji pH, dan organoleptik filet ikan patin setiap 3 jam selama 15 jam pada suhu ruang dan setiap 2 hari selama 8 hari pada suhu chiller. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua kali pengulangan pada setiap pengujian. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa filet ikan patin mengalami penurunan tingkat kesegaran pada jam ke-9 disuhu ruang dan hari ke-6 disuhu chiller. Film indikator dengan komposisi 5 gr pati dengan penambahan ekstrak bunga telang sebesar 5 ml mampu mendeteksi tingkat kesegaran filet ikan patin dikarenakan film indikator mengalami peningkatan nilai mean RGB pada saat pengaplikasian baik pada suhu ruang maupun suhu chiller dan perubahan warna dapat dilihat secara visual seiring dengan penurunan tingkat kesegaran filet ikan patin.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 630 Pertanian > 639 Perburuan, penangkapan ikan, dan konservasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 688 Produksi produk final dan pengemasan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: maulana fajar
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:23
Last Modified: 18 Aug 2023 04:23
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item
View Item