ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PEKERJAAN BEKISTING PELAT LANTAI DENGAN METODE KONVENSIONAL DAN ALUMINIUM FORMWORK

1901421011, Steffi Christina Tabita Nauli Andris (2023) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA DAN WAKTU PEKERJAAN BEKISTING PELAT LANTAI DENGAN METODE KONVENSIONAL DAN ALUMINIUM FORMWORK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA] Text (BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA_STEFFI CHRISTINA.pdf

Download (637kB)
[thumbnail of ABSTRAK, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN SI] Text (ABSTRAK, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN SI)
SKRIPSI_ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN LENGKAP_STEFFI CHRISTINA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Indonesia menjadi salah satu negara gedung pencakar langit yang memiliki tinggi lebih dari 150 meter yang dimana bekisting berperan penting dalam kesuksesan pembangunan gedung. Setiap metode bekisting perlu ditinjau dari segi biaya dan waktu maupun kelebihan serta kekurangan dan itu akan menjadi salah satu pertimbangan suatu proyek dalam pelaksanaan nya. Oleh karena itu, pemilihan metode bekisting sangat berpengaruh terhadap biaya dan waktu konstruksi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan waktu yang efisien dan biaya yang ekonomis antara bekisting konvensional dan aluminium formwork. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner untuk data sekunder dilakukan dengan studi literatur. Pada pengolahan data primer, akan dilakukan identifikasi untuk menentukan fakto-faktor pemilihan metode bekisting yang akan digunakan. Metode statistik untuk kuesioner akan dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, serta akan menghitung Relative Importance Index (RII). Pada analisis waktu, dibutuhkan produktivitas pekerjaan dan koefisien pekerja. Durasi pemasangan bekisting aluminiun, didapatkan dari penelitian terdahulu. Dari hasil analisis ini, waktu rencana antara kedua metode tersebut memiliki selisih 25,33 hari yang dimana bekisting aluminium lebih cepat pemasangannya. Pada analisis biaya metode konvensional digunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan dengan pedoman Permen PUPR No.1 Tahun 2022. Untuk pekerjaan bekisting pelat lantai dengan metode konvensional dan aluminium memiliki seilisih harga sebesar Rp.874.427.892,-. Dari selisih biaya tersebut, bekisting konvensional jauh lebih murah dari bekisting aluminium. Sedangkan untuk hasil penyebaran kuesioner didapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi atau berpengaruh dalam pemilihan bekisting yaitu bekisting dapat dibentuk sesuai dimensi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Steffi Christina
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:06
Last Modified: 18 Aug 2023 08:06
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12510

Actions (login required)

View Item
View Item