ANALISIS POTENSI LONGSOR PADA BADAN JALAN PENGHUBUNG MALANG KEDIRI BEDASARKAN UJI CONE PENETRATION TEST

1901413013, Kevin Ciputra (2023) ANALISIS POTENSI LONGSOR PADA BADAN JALAN PENGHUBUNG MALANG KEDIRI BEDASARKAN UJI CONE PENETRATION TEST. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Kevin Ciputra_1901413013_07_Analisis Potensi Longsor Pada Badan Jalan Penghubung Malang Kediri Bedasarkan Uji Cone Penetration Test_Halaman Identitas.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Kevin Ciputra_1901413013_07_Analisis Potensi Longsor Pada Badan Jalan Penghubung Malang Kediri Bedasarkan Uji Cone Penetration Test_Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Lereng merupakan permukaan tanah yang miring dengan sudut kemiringan tertentu. Sudut pada suatu lereng akan mempengaruhi kestabilan lereng. Kestabilan lereng berkaitan langsung dengan longsor, dan atau pergerakan tanah yaitu proses perpindahan massa tanah secara alami dari elevasi tinggi ke elevasi yang lebih rendah. Analisis potensi longsor pada jalan Trunojoyo, Kota Batu ditinjau bedasarkan faktor keamanan lereng bedasarkan data CPT, yang dianalisis menggunakan program geoslope. Pada jalan ini, yang dianalisis adalah potensi longsor pada badan jalan karena apabila terjadi longsor pada badan jalan akan memutus akses transportasi dan pariwisata pada daerah tersebut. Korelasi dari data CPT untuk mendapatkan parameter geoteknik yang diperlukan. Penggunaan software Arcgis untuk mencari profil kemiringan lereng yang akan dianalisis. Permodelan lereng dan parameter yang telah diperoleh dianalisis menggunakan software Geoslope dan didapatkan angka keamanan lereng. Tujuan analisis penelitian ini adalah untuk menentukan potensi longsor pada ruas jalan yang dianalisis. Hasil analisis pada 4 lereng dengan 4 skenario menggunakan program geoslope untuk mencari faktor keamanan pada lereng. Faktor kemanan tidak stabil diperlihatkan pada skenario 3 (beban dan percepatan gempa) dan 4 (beban dan tekanan air pori). Dari hasil analisis yang telah dilakukan faktor keamanan terendah ada pada skenario 4 lereng S-4 fk : 0,58 dan skenario 4 lereng S-1 fk : 0,60.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Kevin Ciputra
Date Deposited: 18 Aug 2023 05:32
Last Modified: 18 Aug 2023 05:32
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12505

Actions (login required)

View Item
View Item