OPTIMALISASI BISNIS PARIWISATA HALAL DI INDONESIA: Studi Kasus Strategi Bisnis Pariwisata Halal di NTB

1904411046, Muhammad Haidar Al-Fatih (2023) OPTIMALISASI BISNIS PARIWISATA HALAL DI INDONESIA: Studi Kasus Strategi Bisnis Pariwisata Halal di NTB. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Identitas Skripsi_Muhammad Haidar Al-Fatih.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
BAB 2-4 SKRIPSI. FINAL_MUHAMMAD HAIDAR AL-FATIH.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (861kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Artikel SNAM_Muhammad Haidar Al-Fatih.pdf

Download (210kB)

Abstrak

Penyelenggaraan bisnis pariwisata halal di Indonesia tentu menjadi potensi yang sangat besar, namun potensi yang ada pada saat ini belum mampu dikelola dengan maksimal secara nasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi yang dapat diterapkan untuk mengoptimalkan bisnis pariwisata halal di NTB serta dapat diterapkan juga secara nasional. Sebagai kebaruan dalam penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan hybrid untuk menganalisis faktor-faktor strategis internal dan eksternal berupa kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terdapat pada penyelenggaraan bisnis pariwisata halal di NTB secara kualitatif, kemudian dilanjutkan dengan perhitungan kuantitatif bobot dan rating pada matrik IFAS, EFAS, IE dan SWOT untuk menemukan posisi strategis serta alternatif strategis yang dapat diterapkan. Analisis diakhiri dengan QSPM, mengerucutkan alternatif strategi dalam satu posisi strategis yang ada dalam satu posisi strategis menjadi satu strategi konkret yang diprioritaskan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan pariwisata halal di NTB. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa memperkuat kolaborasi bersama rekan industri dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk meningkatkan jangkauan pemasaran dan promosi pariwisata halal di pasar global merupakan strategi prioritas yang diterapkan untuk mengoptimalkan penyelenggaraan bisnis pariwisata halal. Selain itu penelitian ini juga dapat diterapkan di berbagai wilayah di indonesia karena bersifat universal dan dapat dinikmati oleh seluruh wisatawan

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Muhammad Haidar Al-Fatih
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:38
Last Modified: 28 Aug 2023 04:38
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12464

Actions (login required)

View Item
View Item