ANALISIS KINERJA STRUKTUR BANGUNAN TAHAN GEMPA DENGAN STRUKTUR SPACE FRAME PADA BALOK BENTANG PANJANG

1901421019, Anita Rizki Triwidyanata (2023) ANALISIS KINERJA STRUKTUR BANGUNAN TAHAN GEMPA DENGAN STRUKTUR SPACE FRAME PADA BALOK BENTANG PANJANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA] Text (BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB I DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
File 1 (Bab 1 dan 5)-SM-TKG-Anita Rizki Triwidyanata.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-IV, LAMPIRAN] Text (ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-IV, LAMPIRAN)
File 2 (Bab 2, 3, 4) -SM-TKG-Anita Rizki Triwidyanata.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (24MB)

Abstrak

Perencanaan balok bentang panjang perlu dilakukan secara lebih detail, baik perhitungan struktur maupun pemilihan materialnya. Balok bentang panjang tidak bisa menggunakan material beton bertulang karena dimensinya akan menjadi sangat besar. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model rangka space frame yang paling efisien sebagai balok bentang panjang dan menganalisis kinerja bangunan tahan gempa yang menggunakan struktur space frame pada balok bentang panjangnya. Pada penelitian ini, balok bentang panjang berada pada lantai 6, 7, dan lantai atap dengan bentang sepanjang 20 meter. Bangunan yang digunakan merupakan bangunan perkantoran 8 lantai yang berlokasi di Yogyakarta dengan tanah sedang (SD). Kinerja struktur bangunan dianalisis dengan metode pushover analysis. Hasil penelitian diperoleh space frame rangka rasuk X merupakan rangka yang paling efisien untuk digunakan sebagai balok bentang panjang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bangunan dengan struktur space frame pada balok bentang panjang akan mengalami keruntuhan paling awal pada elemen kolom. Hal ini disebabkan karena ukuran kolom 800x800 mm belum cukup kuat untuk memenuhi syarat strong column weak beam setelah dilakukan pushover analysis.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Anita Rizki Triwidyanata
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:33
Last Modified: 18 Aug 2023 04:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12458

Actions (login required)

View Item
View Item