PENERAPAN CLICKBAIT DALAM JUDUL BERITA PADA WEBSITE MASTER DISKON DI EUREKA GROUP PERIODE FEBRUARI-MEI 2023

2006321033, Nabilah Hidayat (2023) PENERAPAN CLICKBAIT DALAM JUDUL BERITA PADA WEBSITE MASTER DISKON DI EUREKA GROUP PERIODE FEBRUARI-MEI 2023. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 1-5] Text (BAB 1-5)
Halaman identitas_Nabilah Hidayat_bab 1&5 (1).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2-4 (Tinajuan Pustaka)] Text (BAB 2-4 (Tinajuan Pustaka))
Halaman identitas_Nabilah Hidayat_bab 2-4 (1).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Kemajuan teknologi menjadikan masyarakat menggunakan media online
sebagai kesehariannya, dengan begitu media massa mulai menyebarluaskan
informasi melalui media online. Maraknya media online, menjadikan tingginya
konsumsi atau ketertarikan publik terhadap arus informasi secara daring.
Masyarakat juga bisa mengakses informasi dari mana saja dan kapan saja secara
cepat serta lebih praktis.
Pesatnya perkembangan teknologi telah meningkatkan kecepatan
penyebaran sebuah berita. Hal ini terbukti dari siaran berita terkini yang diterima
oleh masyarakat dalam hitungan menit. Penyebaran berita di media online juga
sangat menguntungkan perusahaan media, karena adanya iklan di web atau bisa
dikenal dengan google adsense. Hingga adanya persaingan antara portal berita
untuk mengedepankan jumlah pembaca atau pengunjung serta banyaknya
halaman yang dibuka pembaca.
Media yang banyak dikunjungi masyarakat biasanya menggunakan judul
berita yang bombastis atau biasa disebut clickbait untuk menarik pembaca
melakukan click. Biasanya media menggunakan judul clickbait dengan
pembahasan mengenai selebriti, perjalanan, olahraga, teknologi, gaya hidup,
ekonomi, dan infografis. Judul berita yang ada di media online dibuat dengan
judul yang semenarik mungkin dan membuat pembaca penasaran. Judul yang menarik biasanya juga menggunakan tanda seru, tanda tanya, atau judul yang
menggunakan nama tokoh terkenal.
Dalam menulis judul, penulis juga perlu memperhatikan syarat-syarat judul
membuat judul berita. Menurut Keraf (1980:129) terdapat tiga syarat judul yang
baik yaitu judul yang relevan, artinya judul harus mempunyai pertalian dengan
temannya, atau ada pertalian dengan beberapa bagian yang penting dari tema
tersebut. Judul harus provokatif, judul harus sekian macam, sehingga dapat
menimbulkan keingintahuan dari tiap pembaca terhadap isi buku atau karangan
itu. Judul harus singkat, judul tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa
yang Panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangkaian kata yang singkat.
Apabila tidak dapat menghindari judul yang panjang, maka pengarang dapat
menempuh jalan keluar dengan menciptakan judul tambahan yang panjang.
Syarat-syarat judul memang sangat penting untuk diterapkan, namun saat ini
banyak media yang lebih mementingkan judul yang bombastis sehingga banyak
pembaca yang melakukan click. Semakin banyak jumlah pembaca yang
berkunjung, maka trafik situs itu juga akan tinggi. Menurut Romli (2018:58),
pembaca akan terlebih dahulu memindai (membaca secara sekilas) judul berita
sebelum membuka halaman lebih lanjut, kemudian memutuskan apakah akan
lanjut membaca berita tersebut secara keseluruhan atau tidak. Hal itu tentu sangat
berbeda dengan media cetak, dimana pembaca disajikan teks untuk membaca
hingga tuntas.
Judul clickbait berita biasanya menggunakan kalimat yang unik, berlebih�lebihan dan membuat pembaca penasaran. Menurut Biyani, Tsioutsiouliklis, dan Blackmer (2016) mengemukakan ada delapan tipe clickbait yang sering muncul di
media online, yaitu pertama exaggeration, jenis clickbait ini menggunakan kata�kata yang berlebihan, seperti judul berita yang dimuat oleh situs liputan6.com
yaitu “Dianggap Tak Layani Warganya, Wali Kota Ini dihukum Pancung”,
padahal wali kota tersebut hanya di hukum dengan mengikat kakinya di sebuah
alat eksekusi abad pertengahan.
Teasing, Teasing merupakan judul yang mengolok-olok atau memprovokasi
seseorang dengan cara menghapus rincian dari judul dengan tujuan membangun
ketegangan atau menggoda. Ke-tiga inflammatory, inflammatory merupakan judul
yang bermaksud membangkitkan perasaan marah atau penuh kekerasan dengan
menggunakan kata-kata yang tidak tepat atau vulgar. Ke-empat Formatting, Judul
yang satu ini sangat mudah dibedakan, karena menggunakan huruf kapital atau
tanda baca seru. Ke-lima Graphic, Graphic adalah judul yang mengandung materi
cabul, menggangu atau menjijikan dan judul ini tidak dapat dipercaya. Terakhir
Bait and Switch, hal yang dituliskan/tersirat dari judul tidak ada di url:
memerlukan click tambahan atau sama sekali tidak ada. Dengan enam jenis
clickbait diatas, peneliti dapat mudah membedakan judul yang clickbait dan non�clickbait.
Salah satu website berita yang menggunakan judul clickbait adalah
Masterdiskon.com. Master diskon merupakan salah satu brand yang dimiliki
perusahaan Eureka Group. Eureka Group ialah perusahaan yang berdiri sejak
tahun 2006, dan termaksud anak perusahaan dari Penerbit Erlangga. Eureka Group berorientasi pada beberapa bidang yaitu Eureka Logistik, Eureka
bookhouse, Jaja.id, Kata dan rasa, Raja Cepat, dan Master Diskon.
Master Diskon merupakan bisnis biro perjalanan wisata berbasis website
dan aplikasi, menyediakan berbagai kebutuhan perjalanan wisata, bisnis sampai
ke pelosok negeri dan luar negeri. Master Diskon juga menyediakan beberapa
penawaran seperti tiket pesawat, reservasi hotel, paket tour, dan reservasi arena
olahraga. Banyaknya penawaran yang Master Diskon berikan, mereka
menyebarluaskan informasi layanan mereka melalui berita yang dibuat. Dalam
penulisan berita, mereka juga menggunakan google ads. Google ads membantu
penulis membuat berita yang sedang trending, sehingga penulis juga
menggunakan judul clickbait agar lebih banyak pembaca yang melakukan click.
Penggunaan clickbait memang sangat banyak digunakan media massa,
namun, tidak jarang banyak media yang menyalahgunakannya dengan menulis
judul tidak berdasarkan fakta dan isi dari Berita. Maka dari itu penulis ingin
mencari tau mengenai “Penerapan Clickbait pada Judul Berita Dalam Website
Master Diskon Eureka Group Periode Februari-Mei 2023”.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 079 Surat kabar/koran di wilayah geografis lain
400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 400 Bahasa
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Unnamed user with email nabilah.hidayat.tgp20@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:16
Last Modified: 16 Aug 2023 03:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12367

Actions (login required)

View Item
View Item