PERANCANGAN MESIN CRUSHING SEKRAP ALUMINIUM DAN SAND CORE GUNA MENGURANGI LOSS MATERIAL DI PT. X

2002311026, Muhammad Rayhan Adri (2023) PERANCANGAN MESIN CRUSHING SEKRAP ALUMINIUM DAN SAND CORE GUNA MENGURANGI LOSS MATERIAL DI PT. X. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas, BAB I dan V TA M.Rayhan A 2002311026] Text (Halaman Identitas, BAB I dan V TA M.Rayhan A 2002311026)
Halaman Identitas, BAB I dan V TA M.Rayhan A.pdf

Download (28MB)
[thumbnail of BAB II, III dan IV TA M.Rayhan A 2002311026] Text (BAB II, III dan IV TA M.Rayhan A 2002311026)
BAB II, III dan IV TA M.Rayhan A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel TA M.Rayhan A 2002311026] Text (Artikel TA M.Rayhan A 2002311026)
Artikel Tugas Akhir M.Rayhan A.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (705kB) | Request a copy
Official URL: https://pnj.ac.id

Abstrak

PT. X memiliki pabrik yang bergerak di bidang produksi Sparepart kendaraan bermotor. Salah satu jenis Sparepart yang banyak diproduksi oleh PT X adalah pipa yang menjadi komponen penunjang mesin kendaraan motor, pipa ini dibuat dari bahan baku Aluminium Ingot. Di dalam Pabrik ini, selain Aluminium Ingot, juga terdapat bahan baku utama lainnya seperti Pasir Resin, serta bahan baku pendukung produksi lainnya. Sebagaimana biasanya, dalam pekerjaan manusia, tidak jarang terjadi kendala atau masalah, baik dalam proses produksi maupun pengelolaan. Salah satu masalah yang terjadi di pabrik ini adalah terjadinya kerugian material selama proses produksi berlangsung. Material yang tergolong sebagai kerugian dalam kasus ini adalah Sekrap Aluminium yang tercampur dengan Sand Core (Pasir Resin) selama proses Hammering. Untuk mengatasi masalah ini, penulis merancang mesin Crushing Sand Core dengan Sekrap Aluminium. Perancangan Mesin ini didasarkan dari referensi mesin atau alat yang sudah ada sebelumnya dan merupakan kebutuhan industri sebagai alat pengelola limbah yang kurang teratur serta mudah dalam pengoperasiannya. Mesin ini merupakan gabungan dari dua prinsip mesin, yaitu mesin Roller Crusher dan mesin Pengayak Pasir. Mesin Roller Crusher berfungsi untuk menghancurkan bongkahan Sand Core guna mempermudah pemisahan kedua material tersebut yang nantinya akan di ayak secara manual menggunakan pengayak pasir guna memisahkan Sekrap Aluminium dari Sand Core. Dalam Desain terdapat dua proses sekaligus yang dilakukan oleh motor listrik, yaitu penghancuran sekaligus pengayakan. Analisis Perhitungan terhadap desain Roller Crusher ini dilakukan untuk mengetahui berapa gaya, daya, torsi hingga putaran antar tiap komponen yang dibutuhkan untuk menghancurkan Sand Core menjadi serpihan agar pada proses pengayakan Sand Core terpisah dengan Sekrap Aluminium. Hasil dari perhitungan ini akan menjadi dimensi baru dalam setiap komponen mesin Crushing ini dan ada juga beberapa dimensi komponen didasarkan dengan referensi lain.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 671 Pabrik dan produk logam utama
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 672 Besi, baja, produk paduan besi lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Muhammad Rayhan Adri
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:35
Last Modified: 15 Aug 2023 02:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12364

Actions (login required)

View Item
View Item