PENGARUH ATRIBUT PADA APLIKASI GOPAYJAGO TERHADAP KEPUASAN NASABAH

1904421042, Nandini Syalsha Alvioni (2023) PENGARUH ATRIBUT PADA APLIKASI GOPAYJAGO TERHADAP KEPUASAN NASABAH. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Nandini Syalsha Alvioni.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab 2 sd Bab 4)_Nandini Syalsha Alvioni.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (836kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah_Nandini Syalsha Alvioni.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (334kB)

Abstrak

Kemajuan teknologi pada perkembangan digital banking dan e-wallet telah menyebabkan tingginya persaingan pasar, sehingga dinilai perlu adanya implementasi strategi untuk memenangkan persaingan. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah membuat produk memiliki atribut yang sesuai dengan harapan nasabah, sehingga atribut dianggap menjadi sebuah hal penting untuk mencapai kepuasan nasabah. Penelitian ini menguji pengaruh atribut produk berupa user interface, responsiveness, reliability, security & privacy, performance, contact, dan customization yang terhadap kepuasan nasabah GoPayJago. Sebanyak 200 responden telah diperoleh dan memenuhi kriteria penelitian yaitu merupakan nasabah GoPayJago yang berusia >17 tahun dan tinggal di Jabodetabek. Teknik analisis data yang digunakan yaitu PLS-SEM dengan SmartPLS versi 3.2 sebagai alat bantu olah data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa user interface, responsiveness, reliability, security & privacy, performance, dan contact memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan customization tidak berpengaruh. Atribut reliability menjadi yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai loading factor sebesar 0,256. Strategi yang dilakukan GoPay dan Bank Jago dalam menghadapi persaingan ialah mengembangkan layanan jasa keuangan melalui integrasi untuk memberi akses perbankan digital di dalam aplikasi Gojek, sekaligus membuka akses yang lebih luas kepada layanan perbankan digital bagi masyarakat Indonesia.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Nandini Syalsha Alvioni
Date Deposited: 10 Aug 2023 02:39
Last Modified: 10 Aug 2023 02:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12071

Actions (login required)

View Item
View Item