PENGARUH ADOPSI E-BANKING TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DENGAN PENGENDALIAN INTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI

1904411015, Ricardo Marcell Dimas Djiwandono (2023) PENGARUH ADOPSI E-BANKING TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH DENGAN PENGENDALIAN INTERNAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi (1).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 2 & Bab 4] Text (Bab 2 & Bab 4)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (815kB)
[thumbnail of Jurnal Prosiding] Text (Jurnal Prosiding)
Ricardo Marcell Dimas Djiwandono_BS8B_Prosiding SNAM (1).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (298kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh gap fenomena dimana jumlah transaksi dan nilai transaksi e-banking yang meningkat tetapi tidak diikuti dengan peningkatan kinerja bank umum syariah. Hal tersebut tidak sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa peningkatan transaksi e-banking dapat meningkatkan kinerja bank. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis dan menguji pengaruh adopsi e-banking terhadap kinerja keuangan (ROA) dengan dimoderasi pengendalian internal yang ada pada bank umum syariah di Indonesia pada periode 2017-2022. Populasi pada penelitian ini adalah 13 bank umum syariah. Penelitian ini merupakan penelitian analisis kuantitatif menggunakan jenis data sekunder yang terdapat pada laporan keuangan tahunan bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Teknik analisis yang digunakan ialah regresi data panel menggunakan bantuan software Eviews 12 untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Hasil analisis yang telah dilakukan membuktikan bahwa adopsi e-banking tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (ROA) bank umum syariah. Pengendalian internal memoderasi pengaruh adopsi e-banking terhadap kinerja keuangan bank (ROA). Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai referensi tambahan bagi bank umum syariah dalam menentukan strategi adopsi e-banking yang efisien untuk meningkatkan kinerja keuangan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Ricardo Marcell Dimas Djiwandono
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:35
Last Modified: 28 Aug 2023 04:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item
View Item