PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, EARNING PER SHARE, PANDEMI, DAN EXCHANGE RATES TERHADAP HARGA SAHAM SYARIAH INDUSTRI KOSMETIK

1904411019, Robbiatul Adawiyah (2023) PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO, EARNING PER SHARE, PANDEMI, DAN EXCHANGE RATES TERHADAP HARGA SAHAM SYARIAH INDUSTRI KOSMETIK. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi Robbiatul Adawiyah 1904411019.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 Tinjauan Pustaka] Text (Bab 2 Tinjauan Pustaka)
BAB 2 s.d BAB 4 Robbiatul Adawiyah 1904411019.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Artikel Ilmiah Robbiatul Adawiyah 1904411019.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (360kB) | Request a copy

Abstrak

Harga saham merupakan aspek yang penting dalam berinvestasi dikarenakan harga saham merupakan cerminan kinerja emiten. Seorang investor jika ingin berinvestasi harus menganalisis terlebih dahulu baik secara teknikal maupun fundamental agar risiko yang diperoleh lebih rendah. Analisis fundamental melibatkan analisis rasio keuangan dan faktor makro ekonomi seperti yang akan dianalisis. Rasio keuangan yang dijadikan variabel adalah Debt to Equity Ratio dan Earning Per Share, sedangkan variabel makro ekonomi yang digunakan yaitu Pandemi dan Exchange Rates. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi data panel. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Data sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu saham syariah industri kosmetik yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2018 – 2022 dengan purposive sampling menghasilkan lima perusahaan yaitu PT Kino Indonesia (KINO), PT Martina Berto (MBTO), PT Mustika Ratu (MRAT), PT Mandom Indonesia (TCID), dan PT Unilever Indonesia (UNVR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, dan Exchange Rates tidak berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan pandemi berpengaruh negatif sebesar 94,4% terhadap harga saham. Selanjutnya, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, Pandemi, dan Exchange Rates berpengaruh terhadap harga saham dengan nilai R-Square sebesar 96,6%.

Kata Kunci: Debt to Equity Ratio, Earning Per Share, Harga Saham, Pandemi Covid – 19, Exchange Rates.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Robbiatul Adawiyah
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:12
Last Modified: 25 Aug 2023 03:12
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11950

Actions (login required)

View Item
View Item