PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MARKETPLACE BIKERSTHINGS UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE

1906421030, Gilang Satrio Wibowo (2023) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL MARKETPLACE BIKERSTHINGS UNTUK MEMBANGUN BRAND IMAGE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (GilangSW).pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi (GilangSW).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (GilangSW).pdf] Text
Isi (GilangSW).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Bikersthings adalah perusahaan yang menyediakan layanan marketplace khusus untuk apparel motor. Sebelumnya Bikersthings pernah meluncurkan produknya namun terdapat banyak feedback negatif mengenai sistem dan identitas visual yang dimiliki. Oleh karena itu Bikersthings memerlukan perbaikan pada sistem dan perancangan identitas visualnya agar masyarakat dapat dengan mudah mengenalinya. Perancangan identitas visual Bikersthings dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan design thinking. Proses design thinking dilakukan dengan melakukan 5 tahapan, yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kepada target audience dan wawancara kepada klien. Kemudian data yang didapatkan diolah menjadi creative brief dan mendapatkan tema modern serta kuat. Hasil dari creative brief dibuat menjadi mindmap untuk menemukan keywords dan dilanjutkan menjadi moodboard untuk menghasilkan key visual. Tahap selanjutnya adalah membuat sketsa manual dengan jumlah yang tidak dibatasi. Dari sketsa manual logo ini kemudian dipilih tiga alternatif yang dianggap dapat mewakili tema modern dan kuat. Hasil tersebut dilanjutkan dengan memilih satu desain yang dianggap paling mewakili tema. Logo yang terpilih dibuat dengan bentuk sans serif tebal untuk menggambarkan kesan tegas dan modern. Pada logo juga terdapat bentuk penyederhanaan dari kunci roda dan kunci inggris yang dibuat dengan menirukan teori gestalt figure. Untuk melengkapi identitas visual, dirancang juga beberapa elemen lainnya seperti warna, tipografi, dan elemen visual. Seluruh identitas visual kemudian diturunkan ke media pendukung untuk melihat keharmonisan desain ketika desain ditempatkan pada tempat yang sesuai. Media pendukung ini meliputi graphic standard manual, homepage banner, promotional banner (Ice Box), virtual background, kartu nama, kaos, stiker, ID card, lanyard, dan prototype website. Dampak yang diharapkan dari perancangan identitas visual ini adalah klien dapat lebih mempromosikan produknya dan konsumen dapat lebih mengenali produk Bikersthings.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email gilang.satriowibowo.tgp19@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:45
Last Modified: 09 Aug 2023 07:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

View Item
View Item