Panduan Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Berdasarkan SAK EMKM Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel Pada Mie Surabaya Cak Doel

1904431033, Adam Gifari Azani (2023) Panduan Penyusunan Laporan Keuangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Berdasarkan SAK EMKM Menggunakan Aplikasi Microsoft Excel Pada Mie Surabaya Cak Doel. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak Skripsi_Adam Gifari Azani_1904431033.pdf

Download (576kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan panduan penyusunan laporan keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Mie Surabaya Cak Doel sebagai entitas yang memenuhi karakteristik entitas mikro kecil dan menengah berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Panduan dibuat agar laporan keuangan yang disusun oleh UMKM Mie Surabaya Cak Doel dapat lebih berkualitas dan akuntabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data sekunder dan data primer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan pemilik UMKM Mie Surabaya Cak Doel, observasi langsung di tempat usaha serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencatatan keuangan UMKM belum dilakukan sesuai standar akuntansi dan hanya menyajikan laporan pemasukan dan pengeluaran kas bulanan. Hal tersebut dikarenakan pemilik usaha tidak memiliki pengetahuan mengenai penyajian laporan keuangan sesuai dengan SAK EMKM. Oleh karena itu, peneliti membuatkan panduan penyusunan laporan keuangan untuk UMKM Mie Surabaya Cak Doel berdasakan SAK EMKM.
Kata kunci: Laporan Keuangan, UMKM, SAK EMKM, Microsoft Excel

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Adam Gifari Azani
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:05
Last Modified: 10 Aug 2023 08:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11923

Actions (login required)

View Item
View Item