PENETAPAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING STUDI KASUS PADA TK X

1904431032, Niken Dwi Safitri (2023) PENETAPAN BIAYA SATUAN PENDIDIKAN DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTING STUDI KASUS PADA TK X. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak_Niken Dwi Safitri.pdf

Download (821kB)

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk menghitung biaya pendidikan menggunakan Metode Activity Based Costing dan membandingkan hasilnya dengan biaya pendidikan saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan guru sekolah serta data sekunder seperti data biaya dan data pendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan SPP saat ini dengan metode tradisional dibebankan sama untuk setiap siswa, meskipun aktivitas dan jumlah siswa pada kelompok A lebih sedikit dibandingkan dengan aktivitas dan jumlah siswa pada kelompok B. Dan hasil perbandingan biaya pendidikan antara metode Tradisional dan ABC mengakibatkan undercosting. Terjadinya undercosting dikarenakan dua hal yaitu pertama, biaya kegiatan seperti publikasi lembaga, pemeliharaan sarana sekolah, pengadaan alat kebersihan, dan gaji pegawai belum dimasukkan ke dalam perhitungan biaya satuan pendidikan secara tradisional. Kedua, perhitungan biaya satuan pendidikan dengan menggunakan metode ABC akan menghasilkan berbagai macam besaran biaya satuan pendidikan untuk setiap tingkat kelas.
Kata Kunci: Biaya Pendidikan, Tradisional Costing, ABC

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Niken Dwi Safitri
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:05
Last Modified: 10 Aug 2023 08:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11922

Actions (login required)

View Item
View Item