ANALISIS SISTEM INFORMASI PERENCANAAN, MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN (SIMRAL) PADA PELAPORAN KEUANGAN REKENING KAS UMUM DAERAH DI BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA BOGOR (BKAD)

1904431014, Amanda Dwi Kurnia (2023) ANALISIS SISTEM INFORMASI PERENCANAAN, MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN (SIMRAL) PADA PELAPORAN KEUANGAN REKENING KAS UMUM DAERAH DI BADAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KOTA BOGOR (BKAD). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak Skripsi] Text (Abstrak Skripsi)
Abstrak Amanda Dwi Kurnia 1904431014 AKT8A.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (470kB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini menjelaskan mengenai penerapan Sistem Informasi Akuntansi. Badan Keuangan Aset daerah Kota Bogor (BKAD) merupakan induk tata Kelola keuangan daerah kota Bogor, saat ini mengelola keuangan daerah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan, Monitoring, dan Evaluasi Pembangunan (SIMRAL). Tahun 2021 Kota Bogor melakukan uji coba terhadap aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang dirancang dengan 4 portal dalam tata kelola keuangan diantaranya e-Planning, e-Budgeting, e-Reporting, dan e-Sakip, berdasarkan Undang-undang No. 23 tahun 2014, dengan turunan pengelolaan keuangan daerah pada PP No. 12 tahun 2019, diikuti oleh ketegasan Permendagri mengenai sistem informasi pemerintahan daerah No. 70 tahun 2019, pemanfaatan teknologi informasi terhadap transparansi, akuntabilitas, ketepatan, dan kecepatan dalam pengambilan keputusan dan pelayanan masyarakat. BKAD mencoba melakukan integrasi SIMRAL dengan SIPD akan tetapi ketidak siapan sistem diintegrasikan berdampak kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) menjalani aplikasi secara bersamaan sehingga keterlambatannya verifikasi RKA dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) menjadi tidak optimal, berpengaruh kepada kualitas dalam penerbitan surat perintah dan pencatatan Laporan Keuangan RKUD. Sebagaimana mengacu terhadap RPJMD dalam Rencana Strategis (Renstra) BKAD Kota Bogor tahun 2019-2024 yaitu, terwujudnya pemerintahan yang cerdas dan melayani (smart e-government), serta terciptanya birokrasi pemerintahan dengan cara penguatan sistem informasi dalam pengelolaan keuangan rekening kas umum daerah Kota Bogor.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Dokumen Internal PNJ
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Amanda Dwi Kurnia
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:46
Last Modified: 07 Aug 2023 06:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11852

Actions (login required)

View Item
View Item