"Strategi Ajak Teman" Pada Program BluReferral Bank Digital Blu by BCA Sebagai Upaya Membidik Nasabah Gen Z

1904421016, Gifti Nurani (2023) "Strategi Ajak Teman" Pada Program BluReferral Bank Digital Blu by BCA Sebagai Upaya Membidik Nasabah Gen Z. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi (Judul, Pendahuluan dan Penutup).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Isi Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (811kB)

Abstrak

Persaingan bank digital mendorong Blu by BCA untuk mengadopsi strategi pemasaran yang sesuai dengan perilaku dan preferensi nasabah. Strategi ajak teman yang dikenal dengan referral marketing melibatkan peran serta koneksi pelanggan untuk merekomendasikan produk dan layanan ke nasabah baru melalui electronic word of mouth. Target potensial nasabah bank digital adalah generasi Z yang akrab dengan teknologi dan memiliki pengaruh kuat pada peer group. Sehingga Blu by BCA perlu mengembangkan strategi yang inovatif untuk mendorong keputusan penggunaan generasi Z dengan memanfaatkan konsep referral dalam promosi mereka. Penelitian ini menguji pengaruh strategi ajak teman yang memiliki dimensi electronic word of mouth yaitu terdiri dari concern for other, economic incentives, helping the company dan expressing positive emotions terhadap keputusan penggunaan generasi Z. Didapatkan 148 responden yang merupakan pengguna bank digital Blu by BCA dan pernah mengikuti program BluReferral. Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan SEM-PLS yang diolah menggunakan SmartPLS versi 3. Temuan dari penelitian ini adalah dimensi helping the company, economic incentives dan expressing positive emotions dapat mempengaruhi keputusan penggunaan nasabah generasi Z. Dimensi helping the company memiliki pengaruh paling besar. Sedangkan dimensi concern for other tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan nasabah generasi Z.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Gifti Nurani
Date Deposited: 09 Aug 2023 02:33
Last Modified: 09 Aug 2023 02:33
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11821

Actions (login required)

View Item
View Item