PENGGUNAAN SYARAT JUDUL BERITA SPESIFIK PADA KANAL CELEBRITY DI OKEZONE.COM PERIODE 7-8 MARET 2023

2006321007, Sukainah Hijarani Almansuroh (2023) PENGGUNAAN SYARAT JUDUL BERITA SPESIFIK PADA KANAL CELEBRITY DI OKEZONE.COM PERIODE 7-8 MARET 2023. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
SUKAINAH HIJARANI ALMANSUROH_HALAMAN IDENTITAS TA.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2-Bab 4)] Text (Isi (Bab 2-Bab 4))
SUKAINAH HIJARANI ALMANSUROH_ISI TA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Dalam menulis berita, wartawan atau jurnalis harus menaati ketentuan sesuai struktur penulisan berita yang terdiri dari headline (judul), date line (baris tanggal), lead (teras berita), brigde (perangkai), body (tubuh berita), dan leg (kaki berita). Judul sebagai penunjang utama dalam sebuah berita, apakah pembaca mau mengunjungi dan membaca sebuah berita atau tidak. Oleh karena itu, judul harus dibuat semenarik mungkin. Untuk membuat judul berita tentu terdapat sembilan syarat penulisan judul berita yang harus dipenuhi, yaitu (1) provokatif, (2) singkat dan padat, (3) relevan (4) representatif, (5) fungsional, (6) formal, (7) informal, (8) bahasa baku, dan (9) spesifik. Namun pada penggunaanya, tak semua judul berita yang dipublikasikan di media online mengandung spesifik. Terkadang judul mengandung spesifik dan juga tidak spesifik. Hal itu dilakukan salah satunya oleh media online Okezone.com.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Sukainah Hijarani Almansuroh
Date Deposited: 07 Aug 2023 05:01
Last Modified: 07 Aug 2023 05:01
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item
View Item