Efektivitas Penerapan Kebijakan Relaksasi Pajak Bumi dan Bangunan P-2 di Era New Normal pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor

1904431049, Julia Rachmandini (2023) Efektivitas Penerapan Kebijakan Relaksasi Pajak Bumi dan Bangunan P-2 di Era New Normal pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (882kB)

Abstrak

Kebijakan Relaksasi PBB P-2 dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk mempermudah Wajib Pajak di saat era new normal. Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor merupakan salah satu institusi yang menerapkan kebijakan relaksasi PBB P-2 di Kabupaten Bogor pada tahun 2020 – 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan kebijakan relaksasi PBB P-2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis efektivitas penerapan kebijakan PBB P-2 dengan model implementasi George Edward III dan perhitungan tingkat efektivitas penerimaan PBB P-2 saat diterapkan kebijakan relaksasi PBB P-2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan relaksasi PBB P-2 berdasarkan model implementasi George Edward III masih belum efektif secara keseluruhan. Namun, berdasarkan perhitungan efektivitas penerimaan PBB P-2 di era new normal sudah termasuk kriteria sangat efektif. Kebijakan relaksasi PBB P-2 sangat mempengaruhi penerimaan PBB P-2 dengan diberlakukannya pengurangan tarif pokok pada tahun berjalan dan penghapusan denda serta diskon pokok untuk pembayaran piutang PBB P-2 di tahun-tahun sebelumnya. Dapat disimpulkan walaupun dengan diberlakukannya relaksasi pajak, pemerintah Kabupaten Bogor tetap berhasil melampaui target penerimaan yang nantinya berguna untuk pendanaan pembangunan daerah Kabupaten Bogor.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Julia Rachmandini
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:37
Last Modified: 04 Aug 2023 07:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11753

Actions (login required)

View Item
View Item