PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE (ESG) TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SRI-KEHATI)

1904441021, Hanifa Andika Budhiananto (2023) PENGARUH PENGUNGKAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL, AND GOVERNANCE (ESG) TERHADAP RETURN SAHAM DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DALAM INDEKS SRI-KEHATI). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi Bab 1 & 5.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d.4] Text (Isi Bab 2 s.d.4)
Isi Bab 2 s.d. 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Konsep investasi berbasis Environmental, Social, dan Governance (ESG) telah menjadi tren dalam dunia bisnis dan pasar modal. Semakin banyak perusahaan secara global didorong untuk mulai mengadopsi ESG sebagai upaya menuju keberlanjutan. Namun, situasi atau keberjalanan ESG di Indonesia tidak mudah dan masih dalam tahap pengembangan bagi perusahaan maupun pihak investor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan Environmental, Social, dan Governance terhadap return saham dengan nilai perusahaan sebagai variabel intervening terkhususnya pada perusahaan yang terdaftar dalm indeks SRI-KEHATI. Metode analisis yang digunakan analisis regresi data panel dan analisis jalur dengan software Eviews 9. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan data sebanyak 41 sampel perusahaan dalam lima tahun pengamatan. Hasil penelitian menemukan bahwa pengungkapan ESG tidak berpengaruh terhadap return saham namun berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang diproksikan dengan Tobin’s Q mampu memediasi secara negatif pada pengaruh pengungkapan ESG terhadap return saham.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
500 – Ilmu Pengetahuan > 510 Matematika > 515 Analisis
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: D4 Hanifa Andika Budhiananto
Date Deposited: 09 Aug 2023 05:39
Last Modified: 09 Aug 2023 05:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item
View Item