Model Perhitungan Dalam Penentuan Tarif Sewa Mobil Menggunakan Metode Cost Plus Pricing (Studi Kasus Pada YFA Rental di Bekasi)

1904431021, Shafira Karamina (2023) Model Perhitungan Dalam Penentuan Tarif Sewa Mobil Menggunakan Metode Cost Plus Pricing (Studi Kasus Pada YFA Rental di Bekasi). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak Shafira K.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (214kB) | Request a copy

Abstrak

YFA Rental menyediakan tiga jenis mobil yang dapat disewa oleh masyarakat umum yakni Toyota Innova, Toyota Rush dan Toyota Avanza. Metode yang digunakan oleh YFA Rental untuk penentuan tarif sewanya adalah Competiton Based Pricing, metode ini belum memperhitungkan biaya operasional sesungguhnya yang akan berdampak jangka panjang pada keberlangsungan usaha. Tujuan penelitian ini adalah membuat perhitungan penentuan tarif sewa menggunakan metode Cost Plus Pricing dan membandingkan tarif sewa dengan metode yang digunakan oleh YFA Rental serta menjelaskan dampak jangka panjang usaha menggunakan dua metode tersebut. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Jenis data dan sumber data penelitian yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi pada YFA Rental. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan tarif sewa metode Competition Based Pricing dengan Cost Plus Pricing. Dari tiga jenis mobil yang dihitung, dua jenis mobil dengan perhitungan sewa Cost Plus Pricing pendekatan Full Costing menghasilkan tarif sewa yang lebih tinggi dibandingkan dengan Competition Based Pricing. Namun mengingat perhitungan tarif sewa menggunakan metode Cost Plus Pricing pendekatan Full Costing menghasilkan tarif sewa yang lebih tinggi, harus diikuti dengan penambahan pelayanan jasa sewa kendaraan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Dokumen Internal PNJ
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Shafira Karamina
Date Deposited: 04 Aug 2023 07:36
Last Modified: 04 Aug 2023 07:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item
View Item