PERAWATAN GCU, P3, P6, P12 LOKOMOTIF CC 206 BAGIAN DIESEL DI DEPO LOKOMOTIF BESAR A CIPINANG

Amanda, Taskia (2023) PERAWATAN GCU, P3, P6, P12 LOKOMOTIF CC 206 BAGIAN DIESEL DI DEPO LOKOMOTIF BESAR A CIPINANG. [Laporan Kampus Merdeka] (Submitted)

[thumbnail of LAPORAN MAGANG POLITEKNIK NEGERI JAKARTA_DEPO LOK CIPINANG_TASKIA AMANDA.pdf] Text
LAPORAN MAGANG POLITEKNIK NEGERI JAKARTA_DEPO LOK CIPINANG_TASKIA AMANDA.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)

Abstrak

okomotif merupakan salah satu komponen utama dalam sistem transportasi kereta api. Salah satu jenis lokomotif yang banyak digunakan adalah Lokomotif CC 206. Agar lokomotif dapat beroperasi secara optimal dan aman, perawatan rutin diperlukan untuk menjaga kinerja dan umur pakai mesin diesel serta bagian terkaitnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode perawatan GCU (Governor Control Unit), P3, P6, dan P12 pada lokomotif CC 206 bagian diesel di Depo Lokomotif Besar A Cipinang.Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan melakukan observasi langsung pada lokomotif CC 206 yang sedang menjalani proses perawatan di Depo Lokomotif Besar A Cipinang. Data yang dikumpulkan meliputi informasi tentang jenis perawatan GCU, P3, P6, dan P12 yang dilakukan, prosedur perawatan, alat yang digunakan, serta kegiatan pengujian setelah perawatan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawatan GCU, P3, P6, dan P12 pada lokomotif CC 206 bagian diesel di Depo Lokomotif Besar A Cipinang meliputi pembersihan, penggantian suku cadang yang rusak, pengecekan dan kalibrasi, serta pengujian fungsional setelah perawatan. Perawatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa mesin diesel dan bagian terkaitnya beroperasi dalam kondisi optimal, mengurangi risiko kerusakan, dan memperpanjang masa pakai lokomotif.

Tipe Dokumen: Laporan Kampus Merdeka
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: D3 TEKNIK TASKIA AMANDA
Date Deposited: 27 Jul 2023 09:59
Last Modified: 27 Jul 2023 10:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item
View Item