RANCANG BANGUN JIG VALVE SPRING COMPRESSOR UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PELEPASAN DAN PEMASANGAN KATUP PADA CYLINDER HEAD ENGINE TOYOTA 4A-FE

2002413003, Renita Dewi (2023) RANCANG BANGUN JIG VALVE SPRING COMPRESSOR UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PELEPASAN DAN PEMASANGAN KATUP PADA CYLINDER HEAD ENGINE TOYOTA 4A-FE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
SKRIPSI - Identity.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
SKRIPSI - Bab 2-4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Pada tahap awal pembelajaran engine, mahasiswa perlu mengidentifikasi komponen-komponen engine dengan melakukan proses bongkar pasang. Hal ini penting dilakukan, karena pada kondisi nyata mobil sering mengalami kerusakan pada bagian engine yang mana harus melakukan overhoul service. Namun terjadi kendala saat proses belajar berlangsung, dimana proses overhoul cylinder head engine menjadi lama. Meskipun sudah menggunakan SST Valve Spring Compression 09202-70010 untuk menekan pegas katup, proses pelepasan dan pemasangan katup tetap tidak efisien karena reposisi objek dan alat bantu berulang kali. Pengguna mengaku kesulitan terutama saat memasang ring belah dan sering kali mengalami kecelakaan kerja maupun kerusakan komponen. Hal ini menjadi perhatian khusus sehingga penulis perlu menganalisa lebih lanjut mengenai alat tersebut dan membuat jig yang lebih mudah, cepat dan aman digunakan. Pertama penulis akan mengumpulkan data lapangan dan melakukan pengukuran, kemudian data tersebut diolah menjadi sebuah rancangan desain dengan menggunakan metode French. Desain tersebut digunakan untuk membuat alat melalui proses pemesinan. Hasil yang didapat dari penggunaan jig untuk melepas dan memasang katup adalah terjadi efisiensi waktu sebesar 82% yaitu dari 128 menit menjadi 23 menit. Pekerjaan cukup dilakukan oleh 1 manpower saja. Serta tidak terjadi kecelakaan kerja pada pengguna dan tidak terdapat kerusakan komponen selama proses berlangsung.
Kata kunci: engine, jig, katup, pegas, ring belah.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 608 Paten
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 680 Produksi untuk keperluan khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Manufaktur D4
User ID Pengunggah: S. Tr Renita Dewi
Date Deposited: 27 Jun 2023 01:53
Last Modified: 27 Jun 2023 01:53
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10965

Actions (login required)

View Item
View Item