PROSES PENGUJIAN BAN, VELG SERTA CUSTOMIZE DAN PENEMUAN PERMASALAHAN DALAM PENGUJIAN DI PT TÜV RHEINLAND INDONESIA

2002311077, Rizky Adhitiya Saputra (2023) PROSES PENGUJIAN BAN, VELG SERTA CUSTOMIZE DAN PENEMUAN PERMASALAHAN DALAM PENGUJIAN DI PT TÜV RHEINLAND INDONESIA. [Laporan Kampus Merdeka]

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Rizky Adhitiya saputra Mpro 6B (Cover, pengesahan, abstrak, bab i dan iv).pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Bab II dan Bab III (Isi)] Text (Bab II dan Bab III (Isi))
Rizky Adhitiya saputra Mpro 6B (Bab II dan III).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (5MB)

Abstrak

Pada saat ini industri otomotif terus berkembang pesat sesuai dengan kemajuan teknologi dan zaman. PT TÜV Rheinland Indonesia (TRID) adalah perusahaan privat di bidang layanan pengujian, inspeksi, dan sertifikasi produk dan jasa.PT TÜV Rheinland Indonesia di tunjuk oleh pemerintah sebagai lembaga sertifikasi SNI yang terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional). TÜV Rheinland Indonesia dalam pengoperasiannya memiliki departemen yang menyokong kehidupan persertifikasian dan salah satunya adalah departemen Mobility. Departemen mobility merupakan departemem yang menangani proses sertifikasi bidang automotive seperti sertifikasi ban, velg, kaca mobil, dll.

Dalam Proses pengujian ban dan velg, PT TÜV Rheinland Indonesia mampu melakukan pengujian yang di regulasikan oleh SNI seperti pada pengujian ban yakni Visual and dimension test, Breaking energy and plunger test, Endurance test, low inflation pressure test dan high speed test. dan pada pengujian velg seperti Visual and dimension test, Radial fatigue test, Cornering fatigue test, impact test, salt spray test, dan Dye penetration test. Proses pengujian di dukung dengan mesin yang handal dan canggih. PT TÜV Rheinland Indonesia juga mampu melakukan pengujian customize komponen automotive lainnya seperti pengujian thermal shock air bag.

Dalam praktek kerja lapangan, penulis membantu test engineer dalam pengujian ban, velg dan pengujian customize yakni thermal shock test untuk airbag mobil. Penulis juga membantu test engineer dalam hal- hal di luar pengujian ban dan velg salah satunya ialah melakukan uji banding pengujian kaca. Penulis juga menemukan masalah dalam melakukan pekerjaan dan masalah dalam pengujian yakni jarangnya di lakukan maintanance pada mesin-mesin terutama Drum test II. Dalam perwujudan improvement, maka penulis akan mengangkat permasalahan tersebut untuk menjadi bagian dari tugas akhir penulis.

Tipe Dokumen: Laporan Kampus Merdeka
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Mesin > Teknik Mesin D3
User ID Pengunggah: Rizky Adhitiya Saputra
Date Deposited: 26 May 2023 06:58
Last Modified: 26 May 2023 06:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10881

Actions (login required)

View Item
View Item