Krisna Fajri, Wilwatikta (2022) RANCANGAN BISNIS EKOSISTEM EVENT MELALUI PLATFORM “MICOHUB” PT MUDA MICETIZEN INDONESIA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
Judul, Pendahuluan, Penutup.pdf - Accepted Version
Download (5MB)
BAB III SD BAB VI.pdf - Accepted Version
Download (2MB)
Abstrak
Setelah adanya pandemi pada tahun 2020, industri event/MICE sempat mengalami penurunan dan memberi dampak bagi banyaknya pelaku event yang ada di Indonesia. Banyaknya pelaku event yang terkena dampak pandemi ini menjadikan pelaku event sulit untuk mencari partner dalam berkolaborasi untuk menciptakan event baru, khususnya bagi mereka yang masih pemula. Pada pertengahan tahun 2021, trend industri event/MICE di Indonesia perlahan mulai bangkit dan mengalami peningkatan. Peningkatan yang terjadi pada industri event/MICE ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah penyelenggaraan event, sehingga kebutuhan untuk berkolaborasi di industri event pun terus bertambah. Melihat peluang tersebut, PT Muda Micetizen Indonesia merupakan sebuah perusahaan community based yang terinspirasi untuk menciptakan suatu ekosistem event berbasis platform website bernama “MicoHub”.
“Mico Hub” yaitu ekosistem event berbasis platform website yang mempunyai tujuan untuk menjembatani atau mewadahi antar event planner dengan partners dalam berkolaborasi, sehingga seluruh pelaku yang bergerak di industri event dapat dengan mudah mencari dan menemukan partner sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Lokasi sementara yang kami pilih sebagai kantor dari perusahaan PT Muda Micetizen Indonesia adalah sebuah Virtual Office yang dapat digunakan sebagai kantor di daerah Jakarta Selatan, tepatnya di CoHive 101 Mega Kuningan.
Platform yang didirikan oleh PT Muda Micetizen Indonesia memiliki dua kategori pasar yaitu penyedia jasa (events dan partners) dan konsumen jasa (personal dan events). Produk utama yang ditawarkan PT Muda Micetizen adalah platform ekosistem event berbasis website yang dapat diakses melalui smartphone dan computer. Platform ini dikhususkan bagi para pegiat MICE/event di Indonesia untuk memudahkan para penggunanya mencari data yang diperlukan dengan tidak lagi mencari informasi tersebut secara door-to-door. Selain terdapat database di dalam platform, MicoHub memiliki job portal di dalamnya sehingga para event organizer atau para pelaksana event yang membutuhkan tangan tambahan untuk eventnya baik volunteer, freelance, internship, atau pun full-time worker dapat membuat postingan di dalam platform sesuai kebutuhan yang diperlukan. Selain platform MicoHub yang ditawarkan oleh PT Muda Micetizen, terdapat produk pendukung yaitu event partnership bersama Komunitas Micetizen. Produk pendukung ini dibentuk demi membantu para potential partner menyelenggarakan event namun terbatas tenaga kerja dan ide-ide kreatif.
Peluncuran produk utama PT Muda Micetizen Indonesia, yaitu platform berbasis website “MicoHub”, akan dilaksanakan pada Kuartal I 2023. Namun, produk pendukung event partnership akan dilakukan penjualan terlebih dahulu untuk mendukung peluncuran produk utama “MicoHub”. PT Muda Micetizen Indonesia menetapkan comission fee untuk produk pendukung event partnerships seharga Rp 5,000,000. Sedangkan untuk produk utama dari PT Muda Micetizen Indonesia sendiri, menawarkan paket-paket dengan benefit yang berbeda mulai dari paket Silver, Gold, dan Premium untuk kategori individual dan business.
PT Muda Micetizen Indonesia melakukan besaran pangsa pasar dengan menggunakan teori Top Down Market Sizing, dengn perhitungan TAM, SAM, SOM. Dari hasil tersebut, kami dapat memprediksi untuk target active users di kuartal 1 2023 yaitu 4,867 active users. PT Muda Micetizen Indonesia menggunakan strategi promosi dengan yang dilakukan di media sosial Facebook, Instagram, dan Linkedin. Selain itu, PT Muda Micetizen juga melakukan promosi dengan melakukan advertising di channel stream seperti Instagram Ads, Facebook Ads, & Google Ads. PT Muda Micetizen juga melakukan promosi melalui direct selling dan sales promotion untuk menjangkau target yang dituju agar lebih tepat sasaran.
Modal awal PT Muda Micetizen Indonesia berasal dari investasi yang diberikan oleh tiga orang pendiri perusahaan yang berjumlah Rp 75,000,000 (Tujuh Puluh Lima Juta Rupiah). Pendiri perusahaan menyetorkan modal dengan persentase yang berbeda yaitu Direktur Utama sebanyak 40% dengan jumlah Rp 30,000,000 (Tiga Puluh Juta Rupiah). Direktur Pemasaran dan Direktur Keuangan sebesar Rp 22,500,000 (Dua Puluh Dua Juta Lima Juta Rupiah) atau masing-masing 30% dari total modal awal PT Muda Micetizen Indonesia. Pada perhitungan Net Present Value (NPV), nilai NPV yang diraih mencapai Rp 3.214.219. Selanjutnya pada perhitungan analisis Profitability Index (PI), nilai PI yang diraih oleh PT Muda Micetizen Indonesia sebesar 1.0429. Lalu berdasarkan analisis Internal Rate of Investment (IRR) presentase yang diraih sebesar 7,799134878. Dan melalui perhitungan Return of Investment (ROI) di tahun 2023 adalah 39%, tahun 2024 sebesar 17%, lalu di tahun 2025 sebesar 65%.
Berdasarkan seluruh analisia tersebut, dapat disimpulkan bahwa dari sisi keuangan PT Muda Micetizen Indonesia memenuhi persyaratan dalam penilaian kelayakan usaha
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 307 Komunitas 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Administrasi Bisnis > MICE D4 |
User ID Pengunggah: | Wilwatikta Krisna Fajri |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 05:54 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 05:54 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10874 |