RANCANGAN USAHA PENYEDIA JASA PENYELENGGARA KONSER VIRTUAL OLEH PT ELPIDA ALLUDE INDONESIA

Putri, Almara Devaya Clara and Nurunnisa, Callula Aisyah and Saraswati, Dela Astri (2023) RANCANGAN USAHA PENYEDIA JASA PENYELENGGARA KONSER VIRTUAL OLEH PT ELPIDA ALLUDE INDONESIA. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Isi Bab 3 s/d Bab 6] Text (Isi Bab 3 s/d Bab 6)
ISIBab3sdBab6.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

PT Elpida Allude Indonesia bergerak dibidang penyedia jasa penyelenggara
Special Event di bidang konser musik secara virtual dan menggunakan teknologi
augmented reality dengan kode KBLI 82302. Didirikan tahun 2023 oleh tiga orang
pendiri dengan latar belakang pendidikan S1 Terapan MICE, yang dimana dalam
menjalankan usahanya tidak hanya sekedar menjual produk, melainkan membantu
kesuksesan penyelenggaraan event oleh klien dengan pemahaman yang baik akan
manajemen event. Lokasi kantor berada di Menara Cakrawala, Jl. MH Thamrin
No.9, Menteng, 10340, Jakarta Pusat.
Produk utama perusahaan berupa jasa penyelenggara konser virtual yang
dikemas dalam tiga paket, yaitu Standard Package dengan harga Rp 45.000.000,-,
Special Package with Augmented Reality dengan harga Rp 90.000.000,-, dan
Additional Package Augmented Reality dengan harga Rp 70.000.000,-. Paket-paket
tersebut sudah melingkupi jasa dari event organizer untuk menyelenggarakan
konser virtual.
Segmentasi pasar dari produk utama perusahaan secara geografis yaitu klien
potensial yang beroperasional di Jabodetabek, secara demografis yaitu Promotor,
Label Musik dan Musisi Independent, dan secara psikografis yaitu klien atau
perusahaan yang ingin menyelenggarakan konser virtual dengan teknologi
tambahan seperti augmented reality.
Target pasar perusahaan adalah Promotor, Label Musik dan Musisi
Independent, dengan jumlah 53 perusahaan label musik, 67 musisi independent, dan
2
11 perusahaan promotor. Positioning perusahaan adalah menjadi perusahaan
penyedia jasa penyelenggara konser virtual pertama di Indonesia. Strategi
pemasaran yang digunakan adalah Marketing Mix 7P (product, place, price, people,
promotion, process dan physical evidence), dan media yang akan digunakan adalah
sosial media seperti Website, Instagram, Twitter, dan Email. Proyeksi penjualan
core product dalam jangka waktu 3 tahun ke depan pada tiga paket produk total
sebanyak 58 paket.
Modal perusahaan sebesar Rp150.000.000,- dengan pembagian Komisaris
sebesar 35%, Direktur Utama sebesar 25%, Direktur Pemasaran sebesar 20%, dan
Direktur Keuangan sebesar 20%. Setelah melakukan perhitungan keuangan
perusahaan menghasilkan perhitungan Payback Period atau balik modal selama 2
tahun, 3 bulan, 17 hari.
Analisa keuangan menghasilkan perhitungan Net Present Value (NPV)
sebesar Rp204.854.703,- dimana hasil NPV lebih dari 0, perhitungan Internal Rate
of Return (IRR) yang menunjukkan suku bunga tertinggi yang dihasilkan
perusahaan mencapai 52%, hasil persentase Return of Investment (ROI) yang
meningkat mulai dari 13% ditahun 2023, 97% ditahun 2024, dan 199% ditahun
2025, yang terakhir perhitungan Profitability Index (PI) yang menunjukkan angka
2.3 dimana hasil PI lebih besar dari 0. Dari semua perhitungan keuangan oleh PT
Elpida Allude Indonesia menyatakan bahwa perusahaan layak untuk dijalankan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Administrasi Bisnis > MICE D4
User ID Pengunggah: Almara Devaya
Date Deposited: 27 Feb 2023 06:27
Last Modified: 27 Feb 2023 06:27
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/10586

Actions (login required)

View Item
View Item